Golkar Jawa Timur Pasang Badan untuk Airlangga Hartarto

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Minggu, 08 Januari 2023
0 dilihat
Golkar Jawa Timur Pasang Badan untuk Airlangga Hartarto
Ketua Golkar Jawa Timur Mohammad Sarmuji pasang badan untuk Menko Airlanggar Hartarto karena disorot banyak pengamat. Foto: Ist.

" Ketua Golkar Jawa Timur Mohammad Sarmuji, pasang badan untuk Menko Perekonomian Airlangga Hartarto "

SURABAYA, TELISIK.ID - Ketua Golkar Jawa Timur Mohammad Sarmuji, pasang badan untuk Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Hal itu dia lakukan terkait sorotan sejumlah pengamat soal statemen Airlangga mengenai UU Ciptaker.

Sebelumnya, Ekonom Senior INDEF Faisal Basri membantah dalih Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang menyebut penerbitan Peraturan Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja (Perppu Cipta Kerja) untuk kemudahan berinvestasi.

Ia menyoal pernyataan Airlangga yang menyatakan target realisasi investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal tahun 2022 sebesar Rp 1.200 triliun sebagai alasan penerbitan Perppu.

Menurut Sarmuji, apa yang disampaikan Menko Perekonomian Airlangga mengaitkan RUU Ciptaker dengan peningkatan investasi sebenarnya relevan. Harus diakui, capaian investasi yang luar biasa di masa pandemi salah satu kontributornya adalah adanya harapan terhadap UU Ciptaker.

"Kebayang apa tidak di saat pandemi dimana hampir semua negara kesulitan secara finansial, justru realisasi investasi ke Indonesia meningkat pesat," terang Sarmuji, Minggu (8/1/2023).

Baca Juga: Pasar Bahagia: Pasar Unik Bayar Pakai Doa

Di samping itu, lanjut wakil ketua komisi VI DPR RI ini, secara nyata peran investasi sangat berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi setempat seperti yang terjadi di Maluku Utara pertumbuhan ekonominya lebih dari 25 persen berkat hilirisasi.

Hilirisasi, lanjutnya, juga bukti investasi Indonesia mengalami peningkatan kualitas dari yang semula hanya sekedar mengeruk sumber daya alam, meningkat ke tahap pengolahan.

Soal riset and development itu, kata Sarmuji, hal lain yang perlu diperhatikan dan semua orang mesti bersepakat untuk meningkatkan R and D.

"Mestinya negara yang harus melakukan investasi besar-besaran untuk meningkatan riset and development dengan mengajak peran serta swasta. Negara tidak boleh pelit untuk investasi di bidang riset, development dan teknologi," katanya.

Baca Juga: Jembatan Penghubung di Lambandia Diperbaiki Jelang HUT Kolaka Timur

Menko Airlangga menyebut Perppu Kerja akan memberikan kepastian bagi investor baik dari dalam negeri maupun luar negeri, yang selama ini memang menunggu kelanjutan dari UU Cipta Kerja.

Menurutnya, pemerintah juga akan melakukan konsolidasi fiskal dengan mengembalikan defisit di bawah 3 persen. Karena itu, pertumbuhan investasi menjadi hal yang harus dilakukan.

"Oleh karena itu, menjadi penting kepastian hukum untuk diadakan. Tentunya dengan keluarnya Perppu Nomor 2 Tahun 2022 ini diharapkan kepastian hukum bisa terisi dan ini menjadi implementasi dari putusan MK," jelasnya di Jakarta. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga