Tahu Gejrot Bisa Jadi Ide Usaha Anak Muda

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 27 Juli 2023
0 dilihat
Tahu Gejrot Bisa Jadi Ide Usaha Anak Muda
Tahu gejrot adalah makanan khas Cirebon yang banyak diminati oleh masyarakat, termasuk di Kota Kendari. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Kini tahu gejrot sudah tidak asing lagi di lidah warga Kendari. Tak heran, pedagang tahu gejrot mulai menjamur "

KENDARI, TELISIK.ID - Tahu gejrot adalah makanan khas Cirebon yang banyak diminati oleh masyarakat, termasuk di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Tahu gejrot terbuat dari tahu yang digoreng, kemudian disiram dengan kuah khusus yang manis, asam, serta pedas.

Ketika tahu goreng disiram dengan kuah yang telah diracik, tahu akan mengempes, bersatu dengan rendaman kuah dan menghasilkan aroma yang siap menyegarkan mulut penikmatnya.

Kini tahu gejrot sudah tidak asing lagi di lidah warga Kendari. Tak heran, pedagang tahu gejrot mulai menjamur, salah satunya di pertigaan kampus UHO.

Salah seorang pemuda di Kota Kendari, Veny Sulfiana mangatakan, tahu merupakan makanan favoritnya sehingga dia punya ide untuk berjualan tahu gejrot, untuk menambah uang jajan. jika ada waktu luang, dia membuka pesanan tahu gejrot dan ditawari kepada keluarga dan teman-temannya.

"Awalnya ada teman yang datang ke rumah dan suka sekali dengan tahu gejrot buatanku, dan dia menyarankan untuk jual ke teman-teman. Jadi saya mulai jual dan hanya menawarkan kepada teman-teman melalui story WhatsApp," ujarnya.

Baca Juga: Jasuke, Peluang Usaha dengan Modal Terbatas

Sementara itu, seorang mahasiswa di Kota Kendari, Emil Milawati mengatakan, awalnya dia mencoba tahu gejrot karena melihat banyak yang mengantre di gerobak pedagang tahu gejrot yang ada di pinggir jalan. Karena penasaran, akhirnya dia mencoba untuk membelinya.

"Saya suka tahu gejrot karena rasanya yang unik rasa gurih dari tahunya, pedis, asem, manis dari kuahnya membuat rasanya cocok untuk jadi camilan ataupun dimakan dengan nasi," ujar Emil.

Baca 6: Berbentuk Unik, Kuliner Khas Buton Ini Bisa jadi Peluang Usaha

Dilansir dari Disbudpar.cirebonkota.go.id, nama tahu gejrot muncul dan diambil dari cara para penjual membubuhkan ramuan air gula merah ke atas tahu. Air gula merah tersebut digejrotkan ke atas tahu yang sudah dipotong-potong di atas piring gerabah lalu menimbulkan bunyi jrot-jrot, sehingga makanan khas ini dinamai tahu gejrot.

"Namun ada juga yang mempercayai bahwa penamaan tahu gejrot ini adalah ketika pedas yang dihasilkan dari makanan tahu gejrot ini luar biasa ngagejrot atau ngaguar yang berarti rasa pedasnya luar biasa terasa," tulisnya.

Selain mudah dibuat, tahu gejrot juga dijual dengan harga ramah di kantong, mulai dari Rp 5.000 sampe Rp 7.000. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga