Tak Main-main, Pemprov Sulsel Karantina ODP di Swiss-Bell Hotel

Rezki Mas'ud, telisik indonesia
Senin, 18 Mei 2020
0 dilihat
Tak Main-main, Pemprov Sulsel Karantina ODP di Swiss-Bell Hotel
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat melakukan pembagian sembako di Rujab Gubernur, Senin (18/05/2020). Foto: Rezky Mas'ud/Telisik

" Warga yang berstatus ODP kita akan lakukan karantina di hotel yang sudah disiapkan, jadi saya harap Pemerintah Kota Makassar jika ada warga yang berstatus ODP bisa dimasukkan ke hotel untuk menjalani karantina,. "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan sangat serius menangani pasien COVID-19. Bukan hanya yang berstatus positif, bahkan yang ODP pun dikarantina di hotel mewah.

Melalui program wisata COVID-19, program ini bukanlah jalan-jalan menikmati tempat wisata seperti umumnya dilakukan.

Melainkan karantina ODP COVID-19 di sebuah hotel yang terbilang sangat mewah di Makassar yang terletak di kawasan pesisir Pantai Losari, Swiss-Bell Hotel.

Baca juga: Divonis 4 Bulan Penjara, Tie Saranani Jadi DPO

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, mengatakan, warga yang berstatus OPD dikarantina di Swiss-Bell Hotel Makassar yang telah disiapkan oleh pemerintah.

"Warga yang berstatus ODP kita akan lakukan karantina di hotel yang sudah disiapkan, jadi saya harap Pemerintah Kota Makassar jika ada warga yang berstatus ODP bisa dimasukkan ke hotel untuk menjalani karantina," ucap Nurdin.

Nurdin menilai, ODP bisa saja menjadi carrier (pembawa virus) dan menulari keluarga atau warga di sekitarnya. Walaupun belum menunjukkan gejala, ODP harus lebih awal mendapat penanganan. Sebelum statusnya meningkat menjadi PDP, hingga positif COVID-19.

"Jadi virus ini harus kita potong betul. Makanya cara motong rantai penyebarannya, semua yang punya peluang menyebarkan virus ini kita bawa agar cepat tertangani," jelas Nurdin.

Baca juga: Kapolri Minta Warga Ikuti Anjuran Ulama Selama Pandemi COVID-19

Selain Swiss-Belhotel Makassar, Pemprov Sulsel juga memilih Hotel Four Point by Sheraton sebagai lokasi untuk karantina ODP. Di lokasi karantina itu, warga ODP akan mendapat penanganan, dan diberi asupan gizi untuk meningkatkan imunitasnya.

Menurut gubernur, saat ini angka kasus terinfeksi COVID-19 mulai tertangani. Angka kasus baik kategori ODP, PDP, hingga positif cenderung stagnan. Peningkatannya tak lagi begitu signifikan.

Diketahui, warga yang berstatus ODP dan dikarantina di Swiss-Bell Hotel mulai berangsur membaik dan sudah pulang ke rumah masing-masing. ODP yang dikarantina dan pulang sudah mencapai 40 orang secara bertahap.

Reporter: Rezki Mas'ud

Editor: Rani

Baca Juga