Soal Jaringan Telekomunikasi, Pemkab Muna Abaikan Kotano Wuna

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 08 Agustus 2021
0 dilihat
Soal Jaringan Telekomunikasi, Pemkab Muna Abaikan Kotano Wuna
Masjid Muna di Desa Kotano Wuna. Foto: Sunaryo/Telisik

" Di Muna, masih ada desa yang sama sekali belum tersentuh jaringan telekomunikasi. "

MUNA, TELISIK.ID - Di Muna, masih ada desa yang sama sekali belum tersentuh jaringan telekomunikasi.

Adalah Desa Kotano Wuna, Kecamatan Tongkuno. Di desa yang terdapat Masjid Muna, makam raja dan benteng itu sampai saat ini tidak memiliki jaringan telekomunikasi.

Pemkab terkesan sudah mengabaikan desa yang menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Wuna.

"Kami sangat sayangkan, karena tidak ada kepedulian dari Pemkab," kata Alamsyah, warga Desa Kotano Wuna, Minggu (8/8/2021).

Baca juga: FMDKI Bahas Tantangan Media di Temu Aktivis Dakwah Kampus Nasional

Baca juga: Lebih dari 10 Orang dalam Ruangan, KUA Tidak Lakukan Ijab Kabul

Menurutnya, jaringan telekomunikasi menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Makanya, Pemkab diharapkan dapat melihat hal tersebut sebagai sebuah persoalan yang harus segera diselesaikan.

Karena dengan masuknya jaringan telekomunikasi, akan sangat membantu masyarakat setempat untuk lebih mudah mengakses informasi, melakukan pemasaran hasil pertanian, promosi potensi-potensi desa serta dapat membuat laju pertumbuhan desa semakin baik.

"Menjadi aneh, ketika pusat pemerintahan Kerajaan Wuna sama sekali tidak tersentuh jaringan telekomunikasi. Lantas pertanyaannya, dimana komitmen Pemkab dalam hal pemerataan pembangunan jaringan telekomunikasi di wilayah Kabupaten Muna," sindirnya.

Pemkab Muna sendiri tahun ini rencananya akan membangun tiga tower BTS di Desa Liwu Metingki, Kecamatan Pasir Putih, Moolo, Kecamatan Batukara, Lakarama, Kecamatan Towea dan Bangunsari, Kecamatan Lasalepa dengan total anggaran Rp 2,4 miliar yang bersumber dari program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

"Untuk tahun ini baru tiga tower BTS yang dibangun, insya Allah berikutnya baru diprioritaskan di Kotano Wuna," kata Kabid Infrastruktur Dasar Kominfo,  La Ode Firmansyah. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga