Tak Patuhi Aturan, Lapak Pedagang di Kadia Kota Kendari Dibongkar Satpol PP

Erni Yanti, telisik indonesia
Jumat, 27 Oktober 2023
0 dilihat
Tak Patuhi Aturan, Lapak Pedagang di Kadia Kota Kendari Dibongkar Satpol PP
Lapak pedagang di Jalan Mekar Kelurahan Kadia, Kota Kendari, dibongkar Satpol PP, karena tak patuhi aturan. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Sejumlah lapak pedagang di Jalan Mekar Kelurahan Kadia, Kecamatan Kadia, Kota Kendari, dibongkar Satpol PP, Jumat (27/10/2023) "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejumlah lapak pedagang di Jalan Mekar Kelurahan Kadia, Kecamatan Kadia, Kota Kendari, dibongkar Satpol PP, Jumat (27/10/2023).

Pembongkaran tersebut dilakukan setelah pemberian teguran lisan dan tertulis oleh pemerintah Kelurahan Kadia, dan imbauan untuk membongkar sendiri lapaknya, karena menyalahkan garis sepadan, dan dibangun di atas drainase.

Berdasarkan pantauan Telisik.id, beberapa pedagang pemilik lapak tidak datang di lokasi pembongkaran sehingga pihak Satpol PP membongkar tanpa disaksikan pemiliknya.

Lurah Kadia, Yance Sampe mengatakan, pembongkaran lapak pedagang oleh Satpol PP dilakukan karena telah diberikan teguran untuk membongkar secara mandiri, namun tidak diindahkan oleh pedagang.

"Kami sudah berikan teguran secara persuasif kepada para pedagang, namun ada yang mengindahkan membongkar secara mandiri, ada juga yang tidak," katanya.

Baca Juga: Dibangun di Bahu Jalan, Lapak Pedagang di Kelurahan Kadia Ditertibkan

Ia mengatakan tak peduli kepada para  pedagang yang tidak setuju untuk dilakukan pembongkaran, setidaknya telah diberikan surat pemberitahuan persuasif dan teguran tertulis.

"Kalau begini sudah dianggap setuju, ada pemiliknya atau tidak, kita sudah beritahu secara baik-baik," pungkasnya.

Salah seorang pedagang, Erna mengatakan, lapaknya telah ia bongkar secara mandiri tanpa bantuan Satpol PP.

"Iya saya sudah bongkar sendiri kemarin, saya hanya kasi mundur di belakang, tidak lagi di bahu jalan, nanti saya tata lebih rapi lagi," katanya.

Warga lain yang turut menyaksikan pembongkaran mengaku sedih.

"Iya kasihan saya lihat hampir jatuh air matanya dia bongkar sendiri kemarin, sabar sekali itu bapak," ucap warga, Yanti.

Baca Juga: Bakal Ditertibkan, Begini Respon Pedagang di Kelurahan Kadia

Kepala Bidang Ketertiban Umum Satpol PP Kota Kendari, Hasman Dani menjelaskan, pembongkaran tersebut  dilakukan usai pemberitahuan untuk membongkar secara mandiri.

ia juga menegaskan, pembongkaran tersebut dilakukan karena menggunakan akses jalan dan melanggar aturan sehingga menggunakan lahan yang tidak sesuai peruntukannya.

"Ini penegakan aturan, ada beberapa lapak yang tidak dibongkar secara mandiri sehingga kami yang membongkar. Sebenarnya kami berharap mereka bongkar masing-masing," ungkapnya. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga