Taliban Ingatkan Ada Bahaya di Afghanistan, Kenapa?

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 06 November 2021
0 dilihat
Taliban Ingatkan Ada Bahaya di Afghanistan, Kenapa?
Taliban peringatkan ada bahaya di Afghanistan. Foto: Repro Tirto.id

" Pemimpin tertinggi Taliban memperingatkan bahaya bakal terjadi di negara itu. Haibatullah Akhundzada mengeluarkan pernyataan tertulis soal ini. Ia bahkan mendesak komandan Taliban segera "membersihkan" barisan "

KABUL, TELISIK.ID - Pemimpin tertinggi Taliban memperingatkan bahaya bakal terjadi di negara itu. Ini terkait upaya pembangkangan dan penyusup dalam gerakan pasca Taliban mengambil alih Afghanistan.

Haibatullah Akhundzada mengeluarkan pernyataan tertulis soal ini. Ia bahkan mendesak komandan Taliban segera "membersihkan" barisan.

"Semua komandan dari kelompok barisan mereka, harus melihat ke dalam barisan masing-masing. Melihat apakah ada entitas tak dikenal yang bekerja melawan kehendak pemerintah. Ini harus diberantas sesegera mungkin," katanya dikutip AFP, Sabtu (6/11/2021).

"Komandan akan bertanggung jawab atas konsekuensi dari tindakan itu di dunia dan akhirat."

Dilansir dari Cnbcindonesia, Taliban sendiri berhasil menguasai kembali Afghanistan setelah 20 tahun. Namun di dalam negeri, mereka mendapat serangan dari faksi-faksi garis keras seperti ISIS-Khorasan, jaringan ISIS.

Baca Juga: Blue Space Kalah dari SpaceX Milik Elon Musk untuk Proyek Pendaratan di Bulan

Baca Juga: Ini Pesan Abdullah Hammoud, Wali Kota Muslim Pertama di Amerika Serikat

Selasa pekan ini, sedikitnya 19 orang tewas termasuk komandan Taliban dalam baku tembak dan bom bunuh diri di sebuah rumah sakit militer di Kabul. ISIS-K merupakan pelakunya.

Tudingan adanya penyusup dikatakan pasca orang-orang bersenjata menembak mati tiga tamu di sebuah pernikahan karena perselisihan tentang memainkan alat musik. Juru bicara Taliban bersikeras penembakan tidak dilakukan di bawah perintah dan berjanji menghukum pelaku.

Sementara itu, PBB memperingatkan bahwa Afghanistan memang tengah terancam, krisis kemanusiaan terburuk di dunia. Bukan hanya situasi keamanan tak kondusif, tapi juga krisis ekonomi dan kelaparan. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga