5 Fakta Ledakan di Turki, Pelakunya Diduga Wanita

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 14 November 2022
0 dilihat
5 Fakta Ledakan di Turki, Pelakunya Diduga Wanita
Ledakan di Turki terjadi sekitar 13.30 waktu setempat. Berdasarkan laporan terbaru, ledakan tersebut menewaskan enam orang dan 81 lainnya luka-luka. Foto: Repro Sindonews.com

" Sebuah video yang diposting online menunjukkan api meletus dan terjadi ledakan keras, para pejalan kaki berbalik dan melarikan diri "

ISTANBUL, TELISIK.ID - Dunia internasional kini sedang berduka, pasalnya di Istanbul, Turki, terjadi sebuah ledakan yang mengguncang Jalan Istiklal di daerah Beyoglu, pada Minggu (14/11/2022) kemarin.

Mengutip Detiknews.com, ledakan dilaporkan terjadi sekitar 13.30 waktu setempat. Sebuah video yang diposting online menunjukkan api meletus dan ledakan keras, para pejalan kaki berbalik dan melarikan diri. Rekaman lain menunjukkan ambulans, truk pemadam kebakaran dan polisi di tempat kejadian.

Berikut ini deretan fakta ledakan di Taksim, Turki yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Turki tak akan tunduk pada terorisme

Melansir Aa com.tr, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, sesaat sebelum berangkat ke Bali untuk menghadiri KTT G20 ke-17 mengatakan, serangan bom itu "berpotensi bermotif terorisme."

Dia mengatakan, negaranya tidak akan tunduk pada terorisme, dan semua pelakunya akan diidentifikasi dan dihukum seberat-beratnya.

Baca Juga: Intip Mobil Joe Biden Dibawa ke KTT G20 Bali, Harga Fantastis dan Paling Aman di Dunia

2. Menewaskan 6 orang

Dikutip dari Kumparan.com, Gubernur Istanbul, Ali Yerlikaya mengatakan, berdasarkan laporan terbaru, akibat ledakan tersebut enam orang tewas dan 81 orang lainnya luka-luka. Hingga kini belum diketahui penyebab ledakan tersebut.

Seorang saksi mata Cemal Denizci (57) mengatakan, suara ledakan tersebut sangat keras. Sejumlah orang tergeletak usai terjadi ledakan.

"Saya berada 50-55 meter jauhnya, tiba-tiba terdengar suara ledakan. Saya melihat tiga atau empat orang di tanah," kata Denizci.

3. Lima jaksa menangani kasus tersebut

Melansir Republika.co.id, pusat kota Istanbul telah menjadi sasaran separatis Kurdi dan militan Islam di masa lalu, tetapi belum ada yang mengklaim serangan itu hingga saat ini.

Mengutip Voaindonesia.com, ledakan itu mengguncang gedung-gedung di sekitar kawasan wisata yang sibuk, akibatnya lima jaksa ditugaskan untuk menyelidiki ledakan itu.

4. Pelaku diduga wanita

Baca Juga: Operasi Gagal, Hidung Wanita Ini Tumbuh di Lengan

Mengutip Detiknews.com, Wakil Presiden Turki, Fuat Oktay mengatakan, ledakan itu merupakan ulah teroris. Oktay menyebut pelaku terorisme tersebut adalah seorang wanita. Menurutnya, pelaku wanita itu yang meledakkan bom tersebut.

"Kami menganggapnya sebagai tindakan teroris sebagai akibat dari seorang penyerang,"katanya mengutip dari Detiknews.com.

5. Para pemimpin dunia lainnya ikut bersimpati

Para pemimpin dunia, termasuk dari Pakistan, Swedia, Ukraina, Italia, Slovenia, Azerbaijan dan negara-negara lain, telah mengutuk serangan itu dan mengirimkan pesan belasungkawa kepada Turki. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga