Tanggapi Seleksi KPU dan Bawaslu RI, Hugua: Sultra Harus Ada yang Nyantol

Kardin, telisik indonesia
Kamis, 02 Desember 2021
0 dilihat
Tanggapi Seleksi KPU dan Bawaslu RI, Hugua: Sultra Harus Ada yang Nyantol
Anggota Komisi II DPR RI, Ir Hugua saat ditemui di Kota Kendari, Kamis (2/12/2021). Foto: Kardin/Telisik

" Pemilihan KPU dan Bawaslu RI, terus berproses di pusat. Untuk wilayah Sultra sendiri, terdapat beberapa orang ikut berebut kursi tersebut "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemilihan KPU dan Bawaslu RI, terus berproses di pusat. Untuk wilayah Sultra sendiri, terdapat beberapa orang ikut berebut kursi tersebut.

Mereka yang ikut seleksi KPU RI dari wilayah Sultra antara lain, La Ode Abdul Natsir (Ketua KPU Sultra), Iwan Rompo Bane (anggota KPU Sultra), Ade Suerani (anggota KPU Sultra), Tina Dian Ekawati Taridala (anggota KPU Sultra periode 2013-2018) dan Suprihatin Nengtias (Ketua KPU Koltim).

Sementara yang ikut seleksi di Bawaslu RI, yakni Hidayatullah (Ketua KPU Sultra 2013-2018), Hamiruddin Udu (Ketua Bawaslu Sultra), La Ode Harjuddin (anggota KPU Sultra periode pertama), Bahtiar Baetal (Dosen Universitas Trisakti), Siti Rakhman (anggota Bawaslu DKI), La Ode Arumahi (Ketua Bawaslu Sulsel).

Kesemuanya adalah putra-putri Sultra yang dinyatakan lolos tahap pertama seleksi anggota KPU dan Bawaslu RI.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi II DPR RI, Ir Hugua mengharapkan, agar ada putra-putri Sultra yang lolos seleksi KPU dan Bawaslu tersebut.

"Tentunya saya berharap agar putra-putri Sultra harus ada yang nyantol menjadi anggota KPU dan Bawaslu RI," ucap Hugua saat ditemui di Kendari, Kamis (2/12/2021).

Baca Juga: Endang Singgung Pemekaran Kepulauan Buton

Lebih lanjut, kata Hugua, setelah Presiden Joko Widodo mendorong sejumlah nama ke Komisi II, pihaknya akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan untuk seterusnya menetapkan tujuh anggota KPU RI dan lima anggota Bawaslu RI.

"Itu memang kewengangan Komisi II. Hanya kan sekarang masih list panjang," bebernya.

Baca Juga: Wajibkan Kader Gunakan Medsos, Cara Demokrat Surabaya Target Menang Pemilu 2024

Kata mantan Bupati Wakatobi dua periode itu, setelah penetapan anggota KPU dan Bawaslu RI yang baru, selanjutnya akan dibentuk lagi panitia seleksi (Pansel) di tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk proses seleksi di tingkat daerah.

"Jadi begitu prosesnya," pungkas dia. (C)

Reporter: Kardin

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga