Tarian Diiringi Lagu Bahasa Tolaki Bentuk Pelestarian Budaya Lokal Konawe Selatan

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Jumat, 09 April 2021
0 dilihat
Tarian Diiringi Lagu Bahasa Tolaki Bentuk Pelestarian Budaya Lokal Konawe Selatan
Tari lulo kreasi Pemda Konsel. Foto : Ist.

" Sesuai pepatah, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, karena mayoritas suku tolaki di sini maka sebaiknya diiringi lagu mayoritas suku kita, lain hal di daerah lain tentu ikut adat budaya setempat. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), lestarikan budaya lokal dengan senam kreasi tari lulo, yang diiringi lagu daerah bahasa Tolaki.

Pj. Bupati Konsel, Andi Tenri Rawe Silondae mengatakan, senam kreasi tari lulo diiringi lagu daerah bahasa Tolaki ini merupakan bagian dari pelestarian budaya, serta salah satu cara menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap adat dan seni budaya lokal yang diwariskan para leluhur.

"Sesuai pepatah, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, karena mayoritas suku tolaki di sini maka sebaiknya diiringi lagu mayoritas suku kita, lain hal di daerah lain tentu ikut adat budaya setempat," ujarnya, Jumat (9/4/2021).

Menurutnya, tari dan lagu daerah merupakan kekayaan warisan budaya leluhur yang wajib dijaga kelestariannya di tengah masyarakat.

Selain itu, dengan senam kreasi tari lulo itu bergerak mengikuti irama, juga dapat menjadikan jiwa dan jasmani sehat bugar, serta dapat membentuk semangat rasa nasionalisme yang tinggi.

Baca Juga: Menhan Prabowo ke Korsel, JMSI Nilai Indonesia Bisa Jadi Pembuat Pesawat Tempur

Andi Tenri juga menjelaskan, kegiatan senam kreasi tari lulo yang nantinya akan terus dilestarikan tentunya bertujuan dalam rangka memasyarakatkan olahraga dan mendekatkan diri kepada masyarakat.

Untuk diketahui, senam kreasi lulo perdana telah digelar oleh Pemda Konsel di Taman Wisata Kuliner Andoolo dan diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemda Konsel dan masyarakat. (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga