adplus-dvertising

Terungkap, Bocah Ini Terlantar di Kendari karena Kabur dari Rumah Tak Tahan Dianiaya

Thamrin Dalby, telisik indonesia
Selasa, 10 Mei 2022
4127 dilihat
Terungkap, Bocah Ini Terlantar di Kendari karena Kabur dari Rumah Tak Tahan Dianiaya
Pasi Intel Kapten Inf. Salmar Gona dan Serda L. Arfan sedang meminta keterangan Ahmad Topan, bocah yang terlantar di Kota Kendari. Foto: Thamrin Dalby/Telisik

" Ternyata ia berasal dari Desa Menanga, Kecamatan Solor Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Ayahnya bernama Yakub dan telah meninggal dunia "

KENDARI, TELISIK.ID - Kisah bocah yang semula diduga dari Wangi-Wangi dan terlantar di Kota Kendari, akhirnya mengaku bahwa dirinya bernama Ahmad Topan, berusia 14 tahun, dan duduk di kelas empat SD.

Berdasarkan pengakuannya, ternyata ia berasal dari  Desa Menanga, Kecamatan Solor Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Ayahnya bernama Yakub dan telah meninggal dunia.

Dari informasi tersebut, jajaran Kodim 1417/Haluoleo Kendari melalui Pasi Intel Kapten Inf. Salmar Gona langsung menghubungi jajaran Babinsa 1624 di Flores hingga keluarga Ahmad Topan berhasil ditemukan.


"Setelah kami rawat beberapa hari dengan baik, kondisi anak ini sudah stabil dan sudah bisa kami ajak komunikasi, dan kita ketahui ternyata dia berasal dari Flores, dan bukan dari Wanci atau dari Batam.

Jadi saya langsung memerintahkan seluruh jajaran Babinsa 1624 di Flores untuk mencari keluarganya. Dan Alhamdulillah kami sudah menemukan dan berkomunikasi langsung dengan neneknya," ungkap Kapten Inf. Salmar Gona.

Baca Juga: Soal Anak Terlantar, Pasi Intel Kodim 1417/Kendari Apresiasi Warga Wakatobi

Ternyata anak keempat dari lima bersaudara ini sering menerima tindak kekerasan dari kakaknya hingga mengalami trauma berat dan lari meninggalkan rumah dengan cara menyelinap di kapal hingga sampai di Kendari.

"Saat kami sampaikan akan memulangkan dia ke keluarganya, anak ini langsung ketakutan," tambah Salmar Gona.

Baca Juga: Terlantar dan Diduga Trauma, Kondisi Bocah Ini Semakin Membaik

Hingga saat ini, anak tersebut masih berada di Kantor Kodim 1417/Haluoleo Kendari, dan tinggal menunggu kapal yang akan berangkat menuju Flores.

Anak tersebut rencana akan dititip langsung pada kapten kapal hingga sampai di kampung halamannya, dan anak tersebut akan dijemput oleh Kodim 1624 di Flores. (A)

Reporter: Thamrin Dalby

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga