Tes CAT Calon PPS Muna Barat Sempat Tertunda karena Listrik Padam

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 10 Januari 2023
0 dilihat
Tes CAT Calon PPS Muna Barat Sempat Tertunda karena Listrik Padam
Proses pelaksanaan tes tertulis di hari kedua bagi calon anggota PPS Pemilu 2024. Foto: Ist.

" Seleksi tertulis Calon PPS Muna Barat sempat tertunda selama satu jam karena terjadi pemadaman listrik "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Pelaksanaan tes tertulis calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) sempat tertunda selama satu jam. Meskipun begitu, KPU Muna Barat tetap targetkan seleksi Computer Assisted Test (CAT) selama empat hari dipastikan tak ada kendala.

Pelaksanaan tes tertulis dengan sistem CAT itu dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tikep, Kecamatan Tiworo Kepulauan, Kabupaten Muna Barat, sejak 9 sampai 12 Januari 2023 mendatang.

Ketua KPU Muna Barat, Awaluddin Usa mengatakan, seleksi sempat tertunda selama satu jam karena terjadi pemadaman listrik. Namun pihaknya tetap melanjutkan pelaksanakan tes tertulis.

Meskipun regulasi membolehkan pelaksanaan tes sampai tanggal 16 Januari, namun Awaluddin menargetkan hanya empat hari seleksi CAT di Muna Barat sudah tuntas.

"Karena setiap tiap hari ada empat sesi, makanya bisa selesai dalam waktu empat hari. Jadi hari terakhir tes pada 12 Januari 2023," ungkapnya, Selasa (10/1/2023).

Baca Juga: 952 Calon PPS di Muna Barat Berebut 258 Kuota

Sementara Kordiv SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Muna Barat, LM Nuzul Anzi mengatakan, untuk mencapai target waktu yang ditentukan, maka pihaknya pada tes hari pertama membagi peserta menjadi 300 orang dalam tiga ruangan tes.

"Pada hari pertama sekitar 300 peserta, sebab ada laporan dua orang tidak ikut tes," ungkapnya.

Baca Juga: Gempa Kekuatan 7,9 SR Guncang Maluku Tenggara Berpotensi Tsunami

Selanjutnya setelah tes tertulis, akan dilaksanakan tes wawancara. Jadwal tes wawancara akan diputuskan pada rapat internal KPU.

"Mungkin dua kali atau tiga kali dari kebutuhan. Pertimbangan kita ialah waktu yang diberikan untuk tes wawancara selama tiga hari," ujar Awal.

Sehingga pada tiga kali kebutuhan waktu, pihaknya harus menyelesaikan wawancara dengan jumlah 774 peserta dalam waktu tiga hari, namun terkait kebutuhan waktu wawancara masih akan dibahas pada rapat internal. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga