Tiga Mahasiswa Farmasi UHO Kendari Sabet Juara 1 LKTI Nasional

La Ode Hamid, telisik indonesia
Kamis, 26 September 2024
0 dilihat
Tiga Mahasiswa Farmasi UHO Kendari Sabet Juara 1 LKTI Nasional
Dosen Pendamping bersama 3 mahasiswa Farmasi UHO Juara 1 LKTI Nasional. Foto : Ist

" Tiga mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dari Jurusan Farmasi, yaitu Az-Zahra Ramadhani, Novita Handayani, dan Sarah Amelia, berhasil meraih juara 1 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID – Tiga mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dari Jurusan Farmasi, yaitu Az-Zahra Ramadhani, Novita Handayani, dan Sarah Amelia, berhasil meraih juara 1 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) 2024.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Fakultas Kesehatan dan Olahraga Universitas Negeri Gorontalo, yang berlangsung dari 5 Juli hingga 23 September 2024, diikuti oleh 35 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Mahasiswa UHO mengangkat tema "Self Medicine" dengan judul "Smart Herbal Solution: Integrasi TOGA dengan Aplikasi Kesehatan sebagai Sarana Swamedikasi."

Baca Juga: 38 Perpustakaan PTKIN Raih Akreditasi A, Ada IAIN Kendari

Dosen pendamping, Fadhliyah Malik, menjelaskan bahwa inisiatif ini bertujuan untuk mengintegrasikan tanaman obat keluarga (TOGA) dengan aplikasi digital guna memfasilitasi pengobatan mandiri masyarakat.

"Dengan menampilkan yang terbaik, alhamdulillah, tim kami dinobatkan sebagai juara 1," kata Fadhliyah kepada telisik.id, Rabu (25/9/2024).

Ia menambahkan bahwa Fakultas Farmasi UHO memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan kompetensi mahasiswa melalui kegiatan ekstrakurikuler dan fasilitas laboratorium penelitian.

Baca Juga: ITK Avicenna Wisuda 130 Sarjana, LL Dikti Wilayah IX Berharap Buka Program Studi Baru

Ketua tim, Az-Zahra Ramadhani, menjelaskan proses seleksi yang dilalui, dimulai dari pengiriman abstrak hingga presentasi final di hadapan juri pada 23 September 2024. "Alhamdulillah, kami meraih juara 1 dengan mengalahkan 35 tim lainnya," ujarnya.

Prestasi ini diharapkan menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berusaha dan mengharumkan nama kampus di kancah nasional. (B)

Penulis: La Ode Hamid

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga