ITK Avicenna Wisuda 130 Sarjana, LL Dikti Wilayah IX Berharap Buka Program Studi Baru

Nur Fauzia, telisik indonesia
Senin, 23 September 2024
0 dilihat
ITK Avicenna Wisuda 130 Sarjana, LL Dikti Wilayah IX Berharap Buka Program Studi Baru
Rektor ITK Avicenna, Prof. Dr. Ir. Ansharullah, M. Sc menyampaikan sambutan di acara wisuda angkatan ke-29, Senin (23/9/2024). Foto: Nur Fauzia/Telisik

" Institut Teknologi dan Kesehatan (ITK) Avicenna menggelar wisuda angkatan ke-29 di Ballroom Hotel Sahid Azizah Syariah, dengan meluluskan 130 sarjana dari berbagai program studi pada Senin (23/9/2024) "

KENDARI, TELISIK.ID – Institut Teknologi dan Kesehatan (ITK) Avicenna menggelar wisuda angkatan ke-29 di Ballroom Hotel Sahid Azizah Syariah, dengan meluluskan 130 sarjana dari berbagai program studi pada Senin (23/9/2024).

Rektor ITK Avicenna, Prof. Dr. Ir. Ansharullah, M.Sc., mengatakan bahwa wisuda kali ini merupakan capaian penting bagi institusi, di mana seluruh proses pembelajaran telah mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi. Hal ini memastikan kualitas lulusan yang terjamin.

“Setiap lulusan kami memiliki PIN (Nomor Induk Mahasiswa Nasional) yang dapat divalidasi secara online. Ini menjamin keabsahan ijazah dan memberikan kepercayaan lebih bagi para alumni saat melamar pekerjaan,” ujarnya.

Meski jumlah mahasiswa saat ini tidak sebanyak sebelumnya, Ansharullah menegaskan bahwa ITK Avicenna tetap fokus pada peningkatan kualitas.

Baca Juga: Dosen dan Mahasiswa UHO Kendari Dorong Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Jadi Produk Organik

“Prestasi alumni yang tersebar di berbagai instansi pemerintah, rumah sakit, dan puskesmas di Sulawesi Tenggara menjadi bukti nyata dari kualitas pendidikan di kampus ini. Bahkan, beberapa kepala puskesmas di daerah merupakan alumni ITK Avicenna,” bebernya.

ITK Avicenna terus berinovasi dengan membuka program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Program ini memungkinkan masyarakat yang telah bekerja di bidang kesehatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 tanpa harus memulai dari awal.

“Kami melihat potensi besar dari mereka yang memiliki pengalaman kerja. Melalui RPL, mereka dapat meningkatkan kualifikasi dan mengembangkan karir,” tambah Ansharullah.

Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan ITK Avicenna menjadi yang tertua dengan akreditasi unggul, sementara program studi Ilmu Gizi dan Farmasi juga telah meraih akreditasi baik. Program studi Kesehatan Masyarakat tetap menjadi yang paling diminati, dengan jumlah lulusan terbanyak pada wisuda kali ini.

ITK Avicenna, menurut Ansharullah, sangat menekankan pentingnya kompetensi lulusan. Seluruh mahasiswa diwajibkan mengikuti ujian kompetensi sebelum diwisuda, khususnya untuk program studi Kebidanan, Keperawatan, dan Farmasi.

“Kami ingin memastikan bahwa lulusan kami tidak hanya memiliki ijazah, tetapi juga memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang kesehatan,” jelasnya.

Baca Juga: Tujuh Mahasiswa Unsultra Lolos Program MSIB Kemendikbudristek 2024

Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara (Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara), Andi Lukman, berharap ITK Avicenna terus melakukan perbaikan berkelanjutan dan menjadi perguruan tinggi dengan akreditasi unggul.

“Kami berpesan kepada kepala institusi dan rektor agar dapat membuka program studi baru untuk meningkatkan kapasitas institusi,” pinta Lukman.

Sementara itu, perwakilan orang tua wisudawan, Kamarun, mengungkapkan kebanggaan dan kebahagiaan atas keberhasilan putra-putrinya menyelesaikan studi.

“Dengan diwisudanya anak-anak kami, semoga mereka dapat menjadi manusia yang berguna bagi bangsa, program studi, dan pemerintah. Ingatlah, lulus dari ITK Avicenna selama empat tahun adalah awal dari ujian hidup yang sesungguhnya,” ujarnya. (Adv/A)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga