Ingin Kuliah? Ketahui 4 Jenis Tugas yang Dikerjakan Mahasiswa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 08 Februari 2022
0 dilihat
Ingin Kuliah? Ketahui 4 Jenis Tugas yang Dikerjakan Mahasiswa
Tidak hanya buku, mahasiswa harus membiasakan diri dengan sumber referensi dari hasil penelitian, yakni jurnal. Foto: Repro kampusundip.com

" Kuliah menjadi impian sebagian besar pelajar. Bahkan sebelum lulus mereka sudah mempersiapkan diri untuk bisa lanjut kuliah "

KENDARI, TELISIK.ID - Setelah tamat dari bangku SMA, sebagian siswa lanjut ke sekolah tingkat lebih tinggi yakni di perguruan tinggi.

Bisa kuliah menjadi impian sebagian besar pelajar. Bahkan sebelum lulus mereka sudah mempersiapkan diri untuk bisa lanjut kuliah.

Mengutip suneducationgroup.com, kuliah adalah proses pembelajaran tingkat lanjut di mana telah menentukan pilihan jurusan. Biasanya dalam pemilihan jurusan yang dilakukan berbagai pertimbangan, salah satunya minat dan bakat.

Untuk memulai kuliah, pengorbanannya tidak sedikit. Mulai dari jangka waktu, biaya, tenaga, dll. Tentu, di balik suatu impian yang ingin kita capai melalui kuliah, ada harga yang harus dibayar.

Sebelum itu, melansir yoursay.id, sebaiknya ketahui tugas-tugas apa saja yang biasanya diterima mahasiswa:

1. Makalah

Makalah adalah salah satu bentuk karya ilmiah yang bisa disebut sebagai versi mini dari skripsi. Perbedaannya terletak pada tidak adanya penelitian yang perlu dilakukan untuk menulis makalah. Biasanya makalah hanya menjawab rumusan masalah dari studi literatur. 

Pada umumnya struktur makalah hampir serupa dengan skripsi, hanya saja biasanya terdiri dari 3 bab. Tiga bab tersebut meliputi pendahuluan, pembahasan, dan penutup.

Makalah selalu menjadi andalan dosen dalam hal pemberian tugas selama perkuliahan. Setidaknya, setiap dosen akan meminta satu makalah dalam satu mata kuliah. Ada makalah yang dikerjakan individu maupun kelompok.

2. Power Point (PPT)

Media dalam hal penyampaian materi melalui presentasi, sangatlah akrab bagi mahasiswa. Biasanya PPT dijadikan wadah untuk memaparkan hasil penulisan makalah. Sehingga, tugas PPT biasanya berbarengan dengan makalah.

Baca Juga: Pemkab Muna Biayai Transportasi 35 Mahasiswa UGM yang Bakal KKN di Kawasan Mutiara

Sayangnya, PPT mahasiswa terlihat membosankan dengan bentuk ala kadarnya. Lebih baik dari sekarang, pelajari cara membuat PPT yang baik dan download template PPT yang menarik.

3. Review Jurnal

Tidak hanya buku, mahasiswa harus membiasakan diri dengan sumber referensi dari hasil penelitian, yakni jurnal. Tak hanya berfungsi sebagai sumber kutipan, jurnal ibarat gerbang dari pendidikan tingkat tinggi.

Biasanya dosen menginginkan review dari sebuah atau beberapa jurnal untuk mengetahui cara pemahaman seorang mahasiswa terhadap penelitian. Sebab nantinya saat mengerjakan skripsi, beberapa kampus mewajibkan publikasi jurnal sendiri untuk persyaratan kelulusan.

4. Laporan Praktikum

Praktikum selalu identik dengan jurusan saintek, tetapi biasanya di jurusan soshum juga ada. Walaupun mungkin dari sisi metode praktikumnya lebih ke arah penelitian kualitatif.

Baca Juga: Peringati HPN, Tiga BEM di Sultra Siap Berkolaborasi dengan Insan Pers

Pembuatan laporan praktikum juga harus segera bisa dipahami oleh mahasiswa baru. Apalagi biasanya laporan praktikum lebih banyak melibatkan rumus. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga