adplus-dvertising

Timsel KPU-Bawaslu: Mahfud MD Sebut Mereka Sudah Teruji

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Sabtu, 23 Oktober 2021
863 dilihat
Timsel KPU-Bawaslu: Mahfud MD Sebut Mereka Sudah Teruji
Mahfud MD menerima Timsel KPU-Bawaslu 2022-2027 di kantornya. Foto: Repro okezone.com

" Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menggelar audiensi bersama Tim Seleksi Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilihan Umum 2022-2027. "

JAKARTA, TELISIK.ID – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menggelar audiensi bersama Tim Seleksi Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilihan Umum 2022-2027.

Mahfud menyebut pembentukan Pansel tersebut telah sesuai dengan kalender konstitusional yang menyatakan bahwa pada 2024 mendatang akan ada Pileg, Pilpres dan Pilkada.

"Juga pelantikan dan pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden yang baru. Juga dalam kalender konstitusi, KPU dan Bawaslu harus sudah diganti pada 11 april 2022,” kata dia usai menerima kunjungan audiensi Timsel KPU dan Bawaslu di Kantor Menko Polhukam, Jumat (22/10/2021) sore.


Mahfud pun memastikan 11 orang tim seleksi yang diangkat Presiden Jokowi adalah orang-orang yang sudah teruji kredibilitasnya. Tim seleksi dipimpin oleh mantan Ketua KPU Juri Ardiantoro.

"Kita juga pilih pansel yang kredibilitasnya sudah diuji, dan inilah sekarang orang-orangnya," ucapnya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu menjelaskan bahwa dengan pemerintah membentuk Tim Seleksi KPU dan Bawaslu, dan aktif menentukan tanggal Pemilu tahun 2024, maka pemerintah agendanya jelas, 2024 Pemilu harus dilaksanakan sesuai kalender konstitusi dan UU.

Baca juga: Berantas Pinjol Ilegal, LPSK Siap Lindungi Pelapor dan Korban

Baca juga: Adukan Pelanggaran Etik Pimpinan, Dewas KPK: Laporan Novel Baswedan Tak Kuat

β€œIni sesuai perintah Presiden, untuk membuat jadwal Pemilu sesuai UU dan jangan berpikir politik di luar itu,” ujarnya.

Selain itu, Mahfud mengajak masyarakat yang telah memenuhi syarat agar segera mendaftarkan diri menjadi calon komisioner KPU dan Bawaslu periode 2022-2027. Ajakan itu, dalam rangka pengabdian kepada negara.

"Bagi masyarakat atau kandidat yang memenuhi persyaratan dan punya komitmen, punya keinginan menjadi penyelenggara pemilu, silakan mendaftar. Negara membutuhkan calon anggota KPU dan Bawaslu yang mumpuni untuk tugas besar Pemilu 2024," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Seleksi Juri Ardiantoro mengatakan, pendaftaran bakal dilakukan melalui tiga jalur. Pertama, para pendaftar dapat langsung datang ke Sekretariat Tim Seleksi di Gedung B Kemendagri.

Selanjutnya, bagi masyarakat yang berminat mendaftar juga bisa mengirim berkas pendaftarannya melalui layanan Pos.

Kemudian yang ketiga, tim seleksi membuka jalur pendaftaran secara online melalui aplikasi yang bisa diakses di laman resmi https://seleksikpubawaslu.kemendagri.go.id

"Membuka portal itu langsung disediakan laman yang bisa diakses untuk mendaftar dan mengirim seluruh berkas, silakan," tutur Juri.

Diketahui Timsel KPU-Bawaslu 2022-2027 telah membuka proses pendaftaran dimulai sejak 18 Oktober dan berakhir 15 November 2021. (B)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga