Tips Masak Steak Rumahan Rasa Bintang Lima

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 06 Oktober 2022
0 dilihat
Tips Masak Steak Rumahan Rasa Bintang Lima
Masakan dengan metode masak sous vide ini sudah matang, namun penyajiannya perlu di-finishing terlebih dahulu seperti, digoreng atau dibakar sebentar agar tekstur luarnya berwarna kecoklatan. Foto: Repro rupa-rupa.com

" Ada beberapa tahapan memasak yang membuat suatu masakan bisa seenak bintang lima ala resto. Perkembangan dunia kuliner menghasilkan teknik-teknik dan kreativitas dalam memasak makanan "

KENDARI, TELISIK.ID - Ada beberapa tahapan memasak yang membuat suatu masakan bisa seenak bintang lima ala resto. Perkembangan dunia kuliner menghasilkan teknik-teknik dan kreativitas dalam memasak makanan.

Jika ingin memasak steak seenak bintang lima, anda bisa mencoba teknik-teknik masak berikut ini. Melansir barecamedia.com, beberapa teknik masak steak yang di ajarkan oleh Chef Bayu Hermanta, Sous Chef Spectrum Restaurant di Fairmont Jakarta. Proses memasak red meat (beef) dengan tiga teknik antara lain:

1. Searing 

Searing atau pan searing adalah teknik memasak dengan menggunakan pan. Menurut Chef Bayu, teknik searing berfungsi untuk memberikan warna dan memperkuat flavor pada daging. Pan dipanaskan hingga berasap.

Baca Juga: 7 Tips Membersihkan Paru-Paru dari Asap Rokok

Lalu daging diletakkan di atas pan dan dimasak selama 1-2 menit pada setiap sisinya. Pemilihan jenis minyak memengaruhi flavor dan tekstur daging. Chef Bayu sendiri lebih memilih menggunakan corn oil karena rasa dan aroma yang lebih netral dan tidak merusak tekstur daging.

2.  Grilling

Grilling adalah teknik memasak di atas panggangan dengan api yang tidak langsung bersentuhan dengan makanan. Dalam memasak daging, teknik grilling berfungsi untuk memberikan marking pada permukaan daging dan umumnya setelah marking terlihat, proses pemasakan dilanjutkan dengan roasting dalam oven.

Masak tenderloin yang telah dibumbui dengan olive oil, garam, dan merica. Kemudian taruh daging tersebut di atas grill yang sudah panas sambil memindahkan posisi daging untuk mendapatkan grill mark.

Setelah grill mark terlihat, proses memasak dilanjutkan dengan memasukkan daging ke oven dalam suhu 250?C selama 12 menit untuk mendapatkan tingkat kematangan medium.

Teknik memasak grilling menggunakan alat panggang grills (charcoal grills/gas grills), dan umumnya grills terbuat dari besi. Tanda bahwa grill ini sudah panas adalah terlihat perubahan warna pada besinya atau cara lain untuk mengetes panas grills adalah dengan meneteskan sedikit minyak di atas permukaan grills. Jika minyak cepat menghilang maka grills sudah panas.

3. Sous vide

Mengutip rupa-rupa.com, memasak dengan metode sous vide bisa dilakukan dengan cara yang hemat tanpa alat dan plastik khusus loh. Cukup siapkan zip lock bag dan cool box, Anda sudah bisa melakukannya di rumah.

Masukkan daging yang sudah di beri bumbu kedalam zipper lock bag kedap udara. Taruh juga bawang putih dan sedikit minyak zaitun kedalamnya.

Masak air panas yang cukup banyak lalu tuangkan ke kotak pendingin minuman (cool box). Ukur suhunya sekitar 62ºc. Suhu agak ditinggikan dari suhu yang dicari: 60ºc karena akan turun. Kalau suhu terlalu tinggi, tambahkan air dingin hingga suhunya stabil.

Lalu taruh zipper lock bag ke dalam kotak pendingin yang sudah berisi air panas. Perlu diingat agar ziper lock bag harus benar-benar dalam keadaan hampa udara. Sebab udara sedikit saja akan membuat daging tidak termasak dengan baik.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Bersihkan Lensa Kacamata yang Tergores

Diamkan zipper lock bag berisi daging tersebut selama 40 menit (Semakin tebal daging, maka harus makin lama memasaknya, yaitu bisa sampai 1 atau 2 jam). Jaga suhu air agar stabil di 60ºc.

Setelah 40 menit buka zipper lock bag nya dan keluarkan daging. Pada tahap ini daging telah masak sempurna hingga kebagian dalamnya.

Finishing: Panaskan wajan hingga berasap, taruh minyak zaitun atau butter. Lalu masak daging tersebut sekitar 1-2 menit, namun jangan terlalu sering di bolak balik. Cukup satu kali saja dibalik, karena makin sering dibolak-balik daging akan makin cepat matang. Tujuan tahap finishing ini adalah hanya mencari permukaan daging yang sedikit bertekstur dan kecoklatan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga