Tips Ampuh Bersihkan Kain Pel Kembali Seperti Baru

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 03 Maret 2024
0 dilihat
Tips Ampuh Bersihkan Kain Pel Kembali Seperti Baru
Anda bisa mencucinya dengan beberapa bahan sederhana untuk menghilangkan kucelnya kain pel yang sering Anda gunakan. Foto: Briliofood.net

" Anda sering menggunakan kain pel? Jika sering digunakan, Anda juga perlu sering mencucinya, namun terkadang kain pel yang gunakan hanya beberapa kali, sudah terlihat kucel dan kusam "

KENDARI, TELISIK.ID - Anda sering menggunakan kain pel? Jika sering digunakan, Anda juga perlu sering mencucinya, namun terkadang kain pel yang gunakan hanya beberapa kali, sudah terlihat kucel dan kusam.

Namun, tak perlu khawatir, Anda bisa mencucinya dengan beberapa bahan sederhana untuk menghilangkan kucelnya kain pel yang sering Anda gunakan.

Cara mencuci kain pel yang butek agar bersih kembali bisa bikin kain pel jadi putih kembali seperti baru lagi.

Berikut tips mencuci kain pel yang butek dilansir dari Grid.id dan briliofood.net:

Baca Juga: Tips Kamar Tetap Hangat di Musim Penghujan

1. Tips pertama

Pertama, rendam kain pel dengan air sabun pencuci piring. Masukkan satu gayung air ke dalam ember lalu tambahkan sabun pencuci piring secukupnya. Kucek air dan sabun pencuci piring hingga berbusa, kemudian masukkan kain pel yang kotor ke dalamnya.

Setelah kain pel direndam ke dalam air sabun pencuci piring, tambahkan satu saset (sekitar 20 ml) pemutih pakaian ke dalam air rendaman kain pel. Setelah ditambahkan pemutih, masukkan satu gayung air panas yang baru mendidih ke rendaman kain pel di dalam ember.

Agar proses pembersihan bisa lebih maksimal, tambahkan cairan pembersih lantai secukupnya ke rendaman kain pel di dalam ember. Agar kain pel yang kotor dan menghitam bisa kembali putih bersih, rendam seharian di dalam air larutan campuran sabun pencuci, pemutih pakaian, dan pembersih lantai.

Jika sudah direndam seharian, kain pel akan tampak putih kembali dan Anda bisa membilasnya dengan air bersih. Namun, jika tampilan kain pel belum begitu putih seperti yang diinginkan, Anda bisa menyikatnya sampai benar-benar putih bersih seperti baru, kemudian bilas sampai bersih. Keringkan kain pel yang sudah dibersihkan sampai kering dan gunakan lagi untuk membersihkan lantai yang kotor dan lengket.

Baca Juga: 5 Tips Jalani Puasa Ramadan Perdana bagi Mualaf

2. Tips kedua

Langkah pertama, siapkan ember untuk merendam kain pel. Kemudian, isi ember dengan pemutih pakaian. Selanjutnya, baru masukkan bahan-bahan dapurnya, yakni micin, sitrun (citric acid), serta air panas yang baru mendidih. Lalu, rendam kain pel tersebut selama kurang lebih 20 sampai 30 menit.

Setelah direndam, sikat kain pel supaya nodanya luntur. Saat disikat, kain pel bisa ditambahkan dengan deterjen maupun sabun cuci piring. Selesai disikat, tinggal bilas kain pel dengan air mengalir sampai tak ada lagi sisa sabun.

Kemudian, tambahkan air panas kembali dan rendam dengan waktu yang sama, yakni sekitar 20 hingga 30 menit. Kalau sudah direndam, kain pel dapat disikat lagi sampai benar-benar bersih. Setelah bersih, bilas dan jemur kain pel sampai kering. Dijamin, kain pel dekil bisa putih lagi. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga