adplus-dvertising

Tips Mudah Khatam Al-Qur'an Bagi Orang Sibuk di Bulan Ramadan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 25 April 2020
3982 dilihat
Tips Mudah Khatam Al-Qur'an Bagi Orang Sibuk di Bulan Ramadan
Membaca Al-Qur'an hingga khatam selama bulan Ramadan bagi orang sibuk, tentu saja sulit. Tapi ada tips untuk memudahkannya. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Dengan rutin menghafalkan Al-Qur'an meniscayakan kita untuk membacanya berulang-ulang sehingga dapat dihafalkan secara otomatis juga untuk mempertahankan hafalan kita. "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu amalan yang banyak dilakukan umat Islam di bulan Ramadan adalah membaca Al-Qur'an hingga khatam. Sebab di bulan Ramadhan pahala dilipatgandakan, termasuk pahala membaca Al-Qur'an.

Namun di tengah kesibukan yang padat, untuk khatam Al-Qur'an satu kali saja terasa berat dan sulit. Lalu bagaimanakah tips cara mudah agar tidak ketinggalan mengkhatam Al-Qur'an selama Ramadan?

Pembina Majelis Nurul Ilmi Kendari, Ustadz Mahyuddin mengungkapkan, agar bisa membaca Al-Qur'an hingga mengkhatamkannya di tengah kesibukan sehari-hari, yaitu dengan membagi banyaknya lembaran Al-Qur'an dengan jumlah salat fardhu dalam sehari.


Apabila, Al-Qur'an yang dipakai jumlah halamannya setiap satu juz berisi 10 lembar, maka cukup membaca dua lembar saja setiap selesai salat fardhu.

Dengan begitu, tambah dia, dalam sehari kita bisa menyelesaikan bacaan satu juz Al-Qur'an. Sehingga jika itu konsisten dilakukan selama 30 hari, maka target khatam Al-Qur'an 30 juz sudah bisa dilakukan.

Baca juga: Tiga Minuman Segar Ini Cocok untuk Berbuka Puasa

Begitupun, lanjut dia, apabila ingin khatam Al-Qur'an sebanyak dua kali di bulan Ramadan, maka cukup ditambah dua lembar lagi bacaannya, yakni setiap usai salat fardhu membaca empat lembar Al-Qur'an. Dengan begitu, ia bisa menyelesaikan dua juz dalam sehari, lalu dikali 30 hari, maka dalam sebulan bisa dua kali khatam.

Selain itu, tips lainnya agar seseorang banyak membaca Al-Qur'an yaitu dengan berusaha menghafalnya.

"Dengan rutin menghafalkan Al-Qur'an meniscayakan kita untuk membacanya berulang-ulang sehingga dapat dihafalkan secara otomatis juga untuk mempertahankan hafalan kita," ujarnya.

Temasuk, tambah dia, tips yang lain juga yang tidak kalah pentingnya, adalah berusaha memahami kandungan Al-Qur'an. Bisa melalui kajian-kajian Al-Qur'an, termasuk yang banyak digelar oleh para ulama dan ustadz secara online saat ini.

"Memahami kandungan Al-Qur'an akan semakin membuat kita mencintai Al-Qur'an, serta akan mendorong kita untuk mengamalkan dan mengajarkannya. Apalagi Ramadan merupakan bulan diturunkannya Al-Qur'an," tutupnya.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga