Kumpulan Doa untuk Orang Tua Lengkap, Saat Masih Hidup dan Sudah Meninggal

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Jumat, 13 November 2020
0 dilihat
Kumpulan Doa untuk Orang Tua Lengkap, Saat Masih Hidup dan Sudah Meninggal
Sebagai seorang anak, kita wajib berbakti dan berdoa untuk kedua orang tua agar Allah SWT selalu melindungi dan mengampuni dosa-dosa mereka. Foto: Repro popbela.com

" Sebagai seorang anak, kamu wajib berbakti dan berdoa untuk kedua orang tua agar dilindungi oleh Allah SWT di manapun mereka berada. "

KENDARI, TELISIK.ID - Orang tua adalah segalanya bagi anak, karena merekalah kamu bisa terlahir di dunia ini.

Dan orang tua memiliki peranan yang penting dalam tumbuh kembang dan mendidik anak hingga dewasa. Orang tua juga rela melakukan dan mengorbankan banyak hal demi anaknya.

Sebagai seorang anak, kamu wajib berbakti dan berdoa untuk kedua orang tua agar dilindungi oleh Allah SWT di manapun mereka berada.

Sebab di dalam rida orang tua ini ada rida Allah SWT. Dan anak yang memuliakan orang tuanya juga akan mendapatkan pahala sangat besar.

Maka dari itu, peran anak di dalam keluarga menjadi dambaan bagi setiap orang tua. Mendoakan orang tua termasuk bukti kebaktian sang anak, berbakti juga perlu dilakukan karena dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan sang anak, karena rida Allah SWT terletak pada rida orang tua.

Seperti yang terdapat dalam Surat Al Israa Ayat 23:

Artinya:

"Dan Allah telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Allah dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Sekiranya salah satu di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka janganlah sekali-kali kamu mengatakan kepada orang tuamu perkataan "ah" dan janganlah kamu membentaknya, dan ucapkanlah kepada kedua orang tuamu perkataan yang sopan."

Dalam surat tersebut, Allah memerintahkan kepada setiap manusia untuk berbakti kepada kedua orang tua.

Untuk mendoakan kedua orang tua, Wolipop telah mengumpulkan doa-doa yang bisa kamu terapkan sehari-hari:

Baca juga: Al Quran sebagai Obat Pertama dan Utama Rukiah

Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Masih Hidup

Orang tua adalah yang pertama kali harus kita sayangi dan cintai, setelah kamu mencintai Allah SWT. Untuk itu, jika kedua orang tuamu masih mendampingi kamu, hendaknya kamu senantiasa berdoa untuk kedua orang tua agar diampuni dosa-dosanya dan dilindungi oleh Allah SWT. Berikut doa yang bisa kamu panjatkan:

"Allahumma fighfirlii waliwaalidhayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiraa"

Artinya:

"Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil."

Bacaan Doa Untuk Orangtua yang Sudah Meninggal

Jika kedua orangtua sudah meninggal, sebagai bentuk baktimu, kamu wajib mengirimkan doa untuk kedua orang tua. Berikut doa untuk orang tua yang sudah meninggal:

"Allahummaghfirlahu warhamhu wa 'aafihi aa'fu'anhu wa akrim nuzulahu wa wassi' madkhalahu, waghsilhu billmaa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khathaaya kamaa yunaqqats-tsawbul abyadhu minaddanas.

Wa abdilhu daaran khairan mindaarihii wa ahlan khairan min ahlihii wazawjan khairan minzawjihi, wa adkhilhul jannata wa a'idzhu min 'adzaabil qobri wafitnatihi wamin 'adzaabinnaar."

Artinya :

"Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran. Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka."

Baca juga: UAS: Tidak Ada Kesatuan Pemimpin Islam untuk Hentikan Penghina Nabi

Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sedang Sakit

Selain memberikan bantuan medis, bisa juga mendoakan orang tua yang sedang sakit agar lekas diberikan kesembuhan seperti sedia kala. Berikut bacaan doa untuk orang tua yang sedang sakit:

"Allahumma rabbannaasi adzhibi l ba'sa wasy fihu, wa antassyaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama."

Artinya:

"Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah penyakit dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain."

Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sedang Sakit Berat

Seiring bertambahnya usia, kondisi fisik orangtua lambat laun akan berubah. Jika kedua orang tua sedang mengalami sakit berat, ini doa yang bisa kamu panjatkan agar orangtua bisa cepat pulih:

"Allahumma ahyini maakaanatil khayatu khairalli, watawaffanni adza kaanat wafaatu khiralli."

Artinya:

"Ya Allah, sembuhkanlah penyakitnya jika itu lebih baik baginya. Dan cabutlah nyawanya jika kematian itu lebih baik baginya."

Doa Panjang Umur untuk Orang Tua

Sebagai anak, tentunya kamu ingin terus bersama dengan kedua orang tua baik di saat suka maupun duka. Berikut doa untuk kedua orang tuamu agar senantiasa diberikan nikmat umur yang panjang:

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiron. Walijamii'il muslimiina walmuslimaati, walmu'miniina wal mu'minaati al ahyaa'I minhum wal amwaati, wataabi' bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur raahimiina, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyil adhiimi.

Artinya:

"Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah di antara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu." (C)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga