Tolak Kebijakan ODOL, Sopir Truk Jatim Gelar Aksi

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 22 Februari 2022
0 dilihat
Tolak Kebijakan ODOL, Sopir Truk Jatim Gelar Aksi
Aksi sopir truk di Surabaya yang menolak ODOL. Foto: Ist

" Mereka melakukan aksi untuk memprotes kebijakan soal truk Undang-Undang Over Dimension dan Over Loading (ODOL) "

SURABAYA, TELISIK.ID - Ratusan pengemudi truk yang tergabung dalam Gerakan Sopir Jawa Timur (GSJT) melakukan aksi di kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim, Selasa (22/2/2022). Mereka melakukan aksi untuk memprotes kebijakan soal truk Undang-Undang Over Dimension dan Over Loading (ODOL).

Menurut Koordinator GSJT, Supriyono mengatakan, pihaknya merasa keberatan atas program dari Dishub tersebut karena merugikan perekonomian sopir truk.

”Kami minta dikaji ulang kebijakan tersebut karena dampaknya kami para sopir akan kehilangan pekerjaan saat aturan itu diterapkan. Ini sangat menyulitkan kami,” jelasnya.

Supriyono mengatakan, dampak peraturan tersebut, para sopir truk takut tidak bisa bersaing jika menggunakan truk kecil.

Baca Juga: Lagi, Ratusan Sopir Beserta Mobil Truk Seruduk DPRD Sultra Soal UU ODOL

Baca Juga: Polemik Razia Zero ODOL, Pengemudi Dinilai Langgar Hukum dan Rugikan Negara

“Selain itu, penolakan juga kerap didapati dari truk ekspedisi maupun pabrik terhadap berukuran kecil. Ini yang kami suarakan,” jelasnya.

Diungkapkan oleh Supriyono, jika aturan ini benar-benar diterapkan bisa dipastikan harga bahan pokok di masyarakat akan naik. Oleh sebab itu, dia meminta dinas terkait paham dengan dampak yang akan ditimbulkan jika aturan ini diterapkan, maka harga bahan pokok akan melonjak naik.

“Karena barang yang kami bawa butuh ruang udara dan perlindungan panas matahari. Saya harap pemerintah maklum itu untuk kebutuhan masyarakat indonesia, ” tegasnya. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

Baca Juga