Ulat Sagu Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 11 Desember 2023
0 dilihat
Ulat Sagu Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh
Ulat sagu adalah salah satu hewan yang ada di pohon sagu dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Foto: Repro infopublik.com

" Ulat sagu bisa dikonsumsi sebagai sajian seperti sate, atau dikonsumsi mentah secara langsung. Hewan ini dianggap sebagai salah satu makanan sehat karena dipercaya memiliki banyak manfaat "

KENDARI, TELISIK.ID - Ulat sagu adalah salah satu serangga yang banyak ditemukan di pohon sagu yang sudah membusuk. Masyarakat kerap menjadikan ulat sagu ini jadi olahan makanan.

Ulat sagu bisa dikonsumsi sebagai sajian seperti sate, atau dikonsumsi mentah secara langsung. Hewan yang satu ini dianggap sebagai salah satu makanan sehat karena dipercaya memiliki banyak manfaat. 

Dilansir dari hallosehat.com dan halodoc.com berikut manfaat ulat sagu bagi kesehatan tubuh.

1. Baik untuk Pencernaan 

Serat makanan yang terkandung pada ulat sagu diyakini bermanfaat bagi sistem pencernaan. Contohnya untuk mencegah sembelit atau perut kembung. Selain itu, serat makanan tersebut juga dapat dengan mudah dicerna dan meningkatkan metabolisme.

2. Membangun Otot

Ulat ini seperti yang dijelaskan sebelumnya, memiliki kandungan tinggi protein. Protein adalah komponen penting dalam membangun sekaligus memperbaiki sel dan jaringan tubuh, seperti tulang, otot, dan kulit.

Baca Juga: Ini Cara Buat Masker dengan Buah-buahan dan Manfaatnya

Selain itu, protein membantu proses pembentukan enzim, hormon, dan senyawa kimia lainnya. Konsumsi ulat sagu bisa membantu mencukupi kebutuhan protein harian.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Ulat sagu mengandung tokoferol yang berfungsi memelihara kesehatan mata, kulit, otak, sel darah, dan kesuburan organ reproduksi manusia.

Kandungan tokoferol atau vitamin E  ini juga mempunyai sifat antioksidan. Sifat antioksidan ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

4. Membantu Memperkuat Tulang dan Gigi 

Selain kaya protein, ulat sagu juga kaya akan beberapa mineral penting. Contohnya seperti kalsium dan magnesium, yang dapat membantu memperkuat tulang dan gigi kita. 

Selain itu, konsumsi ulat sagu juga dapat mendiversifikasi asupan nutrisi dan memberikan tubuh banyak nutrisi penting. 

5. Dapat Melawan Infeksi Akibat Mikroba 

Salah satu manfaat kesehatan yang menarik dari ulat sagu adalah diduga kuat dapat melawan infeksi akibat mikroba. Hal ini merujuk pada sebuah studi medis yang dipublikasikan Cambridge University pada tahun 2018 silam. 

Baca Juga: Sering Dijadikan Lalapan, Ini Manfaat Kemangi bagi Kesehatan

Studi medis tersebut menunjukkan bahwa ulat sagu dapat memberikan penghalang yang dapat melindungi tubuh dari berbagai mikroorganisme berbahaya. Hal ini berkat sifat antimikroba yang dimiliki oleh ulat sagu. 

Selain itu, ulat sagu juga diketahui kaya akan kandungan zat besi dan zinc. Dimana keduanya memainkan peran penting dalam meningkatkan kemampuan tubuh untuk melindungi terhadap infeksi bakteri.

6. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Ulat ini memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Mengonsumsi 100 gram ulat sagu, Anda sudah memenuhi hampir sekitar 5 persen kebutuhan kalium harian orang dewasa (4.700 mg).

Kalium merupakan salah satu jenis elektrolit yang dibutuhkan tubuh dalam memelihara fungsi jantung serta pembuluh darah. Ketika asupan kalium Anda tercukupi, tekanan darah bisa terjaga normal. Tubuh pun bisa lebih lancar mengeluarkan kadar garam berlebih lewat urine. (C)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga