Unusra Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Simak Jadwal dan Syarat Pendaftaran

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 26 Juni 2023
0 dilihat
Unusra Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Simak Jadwal dan Syarat Pendaftaran
Rektor Unusra, Nasruddin Suyuti, membuka pendaftaran mahasiswa baru dengan kuota 500 orang. Foto: Ist.

" Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara (Unusra) membuka pendaftaran mahasiswa baru yang sudah dibuka mulai 1 Februari sampai 30 Juni 2023 untuk tahap pertama, tahap ke dua akan dibuka lagi mulai 1 Juli hingga 31 Agustus 2023 "

KENDARI, TELISIK.ID - Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara (Unusra) membuka pendaftaran mahasiswa baru yang sudah dibuka mulai 1 Februari sampai 30 Juni 2023 untuk tahap pertama, tahap ke dua akan dibuka lagi mulai 1 Juli hingga 31 Agustus 2023.

Unusra merupakan perguruan tinggi keagamaan Islam swasta binaan Nahdlatul Ulama yang bediri pada 17 Oktober 2014 dan mulai beroperasi sejak 2015. Kampus perguruan tinggi ini berlokasi Jalan Setya Kencana, Kecamatan Baruga Kota Kendari. 

Walaupun terbilang universitas baru, Unusra telab membuka 8 program studi, di antaranya Ilmu Komunikasi, Ilmu Hukum, Akuntansi, Penjaskes-Rek, Teknik Arsitektur, Teknik Informatika, Teknik Sipil dan Biologi. Unusra juga telah menamatkan 281 sarjana pada tahun 2022.

Rektor Unusra, Nasruddin Suyuti mengatakan, Unusra memiliki banyak peminat karena pihaknya terus mengupayakan untuk semua mahasiswa agar mendapatkan beasiswa. Hampir 70% mahasiswa mendapatkan beasiswa, jadi di Sulawesi Tenggara sendiri Unusra masuk 3 kampus penerima KIP kuliah terbanyak.

Baca Juga: Peran Institusi Pendidikan Kesehatan Atasi Stunting

"Untuk seleksi pendaftaran mahasiswa baru tahap pertama ada 212 mahasiswa yang lulus, dan sekarang sementara dibuka tahap ke dua. Biasanya seleksi tahap ke dua akan lebih banyak mendaftar dan mudah-mudahan tahun ini kita bisa menerima 500 mahasiswa, karena kita juga masih keterbatasan ruangan," ujar Nasruddin, Senin (26/6/2023).

Uang kuliah tunggal (UKT) menjadi universitas dengan biaya kuliah murah sehingga tidak membebankan mahasiswa. UKT di Unusra mulai dari Rp 1.250.000 sampai Rp 1.500.000. Unusra hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu kelas menengah ke bawah.

Untuk pembayaran UKT sendiri, mahasiswa diberi keringanan dengan melakukan pembayaran dua kali atau dengan dicicil. Sementara itu, untuk program beasiswa yang disediakan di Unusra ada program beasiswa KIP kuliah, Baznas dan beasiswa pemerintah daerah (pemda).

Dilansir dari beasiswa.baznas.go.id, Lembaga Beasiswa Baznas (LBB) adalah program dari Divisi Pendistribusian dan Pendayagunaan yang bertugas menyediakan dana pendidikan demi terjaminnya keberlangsungan program pendidikan bagi golongan mahasiswa kurang mampu/ miskin sebagai pertanggungjawaban antar generasi. Dalam tugasnya LBB menyelenggarakan fungsi perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pelaporan.

"Tujuan dari LBB adalah menyediakan dana pendidikan demi terjaminnya keberlangsungan program pendidikan bagi golongan kurang mampu/miskin sebagai pertanggungjawaban antar generasi dan menyiapkan generasi penerus bangsa yang memiliki kedalaman ilmu pengetahuan dan keluhuran akhlak," tulisnya.

Baca Juga: Kunjungi PT Sinar Anugerah Rejeki Bersama, DPRD Kota Kendari Minta Perusahaan Lengkapi Izin

Seorang calon mahasiswa baru, Muh Fiqrih mengatakan, dirinya memilih Unusra sebagai tempat melanjutkan pendidikan karena ada banyak beasiswa yang bisa diperoleh, selain itu juga UKT di Unusra tidak terlalu besar sehingga bisa meringankan benan orang tua.

"Saya sebelumnya ingin mendaftar di Universitas Halu Oleo tapi karena saya tidak lulus di SNBT kemarin, akhirnya saya memilih untuk kuliah di Unusra. Lagi pula di Unusra juga ada jurisan yang saya inginkan yaiti jurusan Penjaskes-Rek," ujar Fiqrih.

Untuk diketahui, persyaratan pendaftaran di Unusra di antaranya, mengisi formulir yang akan dibagikan, tanda bukti (slip) uang pendaftaran, foto copy ijazah atau surat keterangan lulus, pas foto warna 3×4 dan 4×6, dan foto copy KTP atau kartu keluarga. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung ke Unusra atau hubungi nomor 0852 4169 9312 atau 0823 9483 3880. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga