Upaya HMJ Psikologi UHO Cegah Perilaku Bullying

Wa Ode Sunaimi Rahman, telisik indonesia
Rabu, 19 Oktober 2022
0 dilihat
Upaya HMJ Psikologi UHO Cegah Perilaku Bullying
Peserta Lomba Video Kreatif bersama Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Psikologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan( FKIP) UHO. Foto: Ist.

" Menangkal dampak negatif yang timbul akibat bullying sangat penting, terutama di lingkungan pendidikan "

KENDARI, TELISIK.ID – Menangkal dampak negatif yang timbul akibat bullying sangat penting, terutama di lingkungan pendidikan. Untuk mencegah bullying serta belajar menerima anak berkebutuhan khusus di lingkungan sekitar, HMJ Psikologi UHO menggelar lomba video kreatif.

Lomba video mengangkat 2 tema yang berbeda tingkat SMP dan SMA. Tema video untuk tingkat SMP yaitu Pencegahan Bullying, sedangkan tema untuk tingkat SMA yaitu Penerimaan Anak Berkebutuhan Khusus.

Ketua panitia, Burhanuddin mengatakan, lomba pembuatan video merupakan upaya mahasiswa Psikologi UHO untuk memberikan pemahaman kepada lingkungan terkait bullying serta menerima anak penyandang disabilitas.

“Tujuannya itu untuk memberikan pemahaman kepada remaja, dewasa, dan orang tua mengenai pentingnya menghindari bullying dan menerima anak berkebutuhan khusus di lingkungan sekitar,” ucapnya, Selasa (18/10/2022).

Baca Juga: Sekolah Alam Kendari Jadikan Alam Terbuka sebagai Media Pembelajaran

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Psikologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, merupakan kegiatan pertama kali diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental yang bertempat di Aula FKIP UHO.

Untuk lomba, periode pendaftaran dan pengumpulan video pada tanggal 1 September hingga 10 Oktober, kemudian untuk penjurian mulai tanggal 12-14 Oktober 2022. Hasil lomba diumumkan secara online pada tanggal 15 Oktober, kemudian pada tanggal 18 Oktober penerimaan hadiah bagi para pemenang.

Baca Juga: SGI Master Teacher Kendari Tingkatkan Kualitas Guru

Peserta lomba, Adi Purnawan menyampaikan harapan dengan adanya lomba video tersebut bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terkait bullying dan anak berkebutuhan khusus.

“Semoga dari video ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa anak-anak penyandang disabilitas berhak mendapatkan pendidikan, serta berhak mengejar mimpi mereka,” ucapnya.

Dia juga berharap ke depannya lomba tersebut bisa diadakan setiap tahun. (B)

Penulis: Wa Ode Sunaimi Rahman

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga