Usaha Pertanian Sekolah Dasar di Konawe Hasilkan 6 Ton Gabah

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Selasa, 24 November 2020
0 dilihat
Usaha Pertanian Sekolah Dasar di Konawe Hasilkan 6 Ton Gabah
Anak bercocok tanam Foto: newsurban.id

" Kita kasih bergiliran guru honorer untuk mengelola, dengan omzet sekira 20 jutaan sekali panen. Jadi kita bagi hasil, ada untuk perlengkapan sekolah, tambah gaji honorer, dan juga modal untuk musim panen berikutnya. "

KONAWE, TELISIK.ID - Berwirausaha perlu dilakukan sejak dini, seperti yang ditunjukkan salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Konawe yang mampu menghasilkan 6 ton gabah dalam sekali panen.

SD Negeri 1 dan 2 Alosika, Kec. Padangguni, Kabupaten Konawe mengajarkan kepada peserta didiknya untuk berwirausaha sejak dini, dalam hal ini bidang pertanian, bersawah.

Kepala SDN 1 Alosika, Nurkholis, S.Pd., M.Pd mengatakan, kegiatan ini sejak lama dilakukan pihak sekolah, bahkan sebelum ia bertugas di sana.

"Tanah sekolah yang kami manfaatkan untuk bersawah seluas 1 hektar lebih dengan hasil panen hingga 6 Ton," katanya, Selasa (24/11/2020).

Dari hasil itu, kata dia, dapat menunjang berbagai kebutuhan sekolah, seperti menambahkan minimal gaji dan pakaian dinas guru honorer, buku siswa dan perlengkapan sekolah lainnya.

"Kita kasih bergiliran guru honorer untuk mengelola, dengan omzet sekira 20 jutaan sekali panen. Jadi kita bagi hasil, ada untuk perlengkapan sekolah, tambah gaji honorer, dan juga modal untuk musim panen berikutnya," terangnya.

Baca juga: Luas Area Taman Nasional Wakatobi Berkurang

Selain itu, ia menambahkan, pihaknya juga telah mencoba mengembangkan di sektor perkebunan, menanam sayuran dengan memanfaatkan area tanah sekolah yang masih kosong.

Bahkan, ia juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Konawe untuk meminta bantuan pupuk, alat pertanian sampai pelatihan karena mayoritas penduduk belajar secara otodidak.

"Ke depan kita akan masukan ekstrakulikuler sekolah tentang cara berwirausaha sejak dini," cetus Nurkholis.

Sebelumnya, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe, Suriyadi sangat mengapresiasi sekolah tersebut dalam pengembangan kewirausahaan di tingkat sekolah dasar.

"Ini akan jadi role model untuk sekolah lain di Kabupaten Konawe," ungkapnya. (B)

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga