Usai Diresmikan, 360 Calon Pedangang di Pasar Wajah Jaya Buton Tunggu Lot

Febriyani, telisik indonesia
Jumat, 08 September 2023
0 dilihat
Usai Diresmikan, 360 Calon Pedangang di Pasar Wajah Jaya  Buton Tunggu Lot
Sekda Buton, Asnawi Jamaluddin saat meresmikan pasar Wajah Jaya, Kecamatan Lasalimu Selatan Kabupaten Buton. Foto: Ist.

" Pasar rakyat Wajah Jaya yang akan menopang kehidupan ekonomi masyarakat dari 8 desa di Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton siap beroperasi "

BUTON, TELISIK.ID - Pasar rakyat Wajah Jaya yang akan menopang kehidupan ekonomi masyarakat dari 8 desa di Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton siap beroperasi.

Camat Lasalimu Selatan, La Ode Muhamad Hidayat Taslim mengatakan, dari 14 desa yang ada di Kecamatan Lasalimu Selatan, pasar itu akan menjadi akses dari 8 desa yakni, Desa Wajah Jaya, Sangia Arano, Sumber Agung, Siotapina, Siomanuru, Lasalimu, Muliya Jaya dan Harapan jaya.

"Pasar rakyat Wajah Jaya ini baru diresmikan pada Kamis, 7 September 2023 oleh Penjabat (Pj) Bupati Buton yang diwaikili Sekda, Asnawi Jamaluddin kini tinggal menunggu dilot pendaftarnya. Untuk pendafatarnya sudah ada. Rencananya Minggu depan mau dilot bersama Kadis Perdagangan," ungkapnya, Jumat (8/9/2023).

Baca Juga: Dinilai Kumuh, Dinas PUPR Buton Gagas Sanitasi Sistem Biofilter di Lingkungan Suku Bajo

Ia menambahkan, masih ada dua pasar di Kecamatan Lasalimu Selatan yakni di Desa Ambuau Indah dan Ambuau togo, namun  jaraknya jauh dari 8 desa yang disebutkan tadi. Pasar pagi di situ hanya buka tiga kali seminggu dan pasar sore buka setiap hari.

Ia berharap, pasar rakyat Wajah Jaya ini bisa dimanfaatkan dengan baik, sehingga ekonomi bisa berjalan sebagaimana mestinya. Pengaturan penggunaan pasar akan disesuaikan dengan pasar-pasar rakyat yang di sekitar Desa Wajah Jaya, utamanya hari pasar. Sehingga keberadaan semua pasar di Lasalimu Selatan dan termanajemen dengan baik.

Sementara itu, Sekda Buton, Asnawai Jamaluddin mengucapkan terimakasih terhadap pihak desa yang aktif memperjuangankan kepentingan rakyatnya.

Baca Juga: Sipinter Buton, Terobosan Baru Optimalkan Pembangunan Daerah

Sekda juga berharap agar pasar tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Selain itu, pasar Wajah Jaya juga dapat dikelola dengan baik, terlebih manajamen termasuk bagaimana caranya meramaikan pasar.

Kepala Dinas Perdagagan Buton, Asruddin melaporkan, pembangunan pasar Wajah Jaya merupakan anggaran dari APBN tahun 2022 dari 10 kios, 72 Los, kantor, ruangan pos keamanan.

Ia berharap, ada antusias warga setempat untuk meramaikan pasar agar pasar menjadi berkah untuk masyarakat Buton, sehingga perputaran ekonomi dapat berjalan dengan baik.

"Allhamdulillah, saat ini sudah ada 360 pedagang yang mendaftar untuk pemanfataan pasar ini. Insya Allah, dalam waktu dekat akan dilot," tuturnya. (A)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga