Progres Pembangunan Asrama Mahasiswa Muna Barat Rampung di 2024

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 01 Februari 2023
0 dilihat
Progres Pembangunan Asrama Mahasiswa Muna Barat Rampung di 2024
Pemerintah daerah targetkan proses perencanaan pembangunan asrama mahasiswa Muna Barat rampung di tahun 2024 mendatang. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Progres pembangunan asrama mahasiswa Muna Barat ditargetkan akan selesai pada 2024 mendatang "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Progres pembangunan asrama mahasiswa Muna Barat ditargetkan akan selesai pada 2024 mendatang.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, sebagai bentuk wujud dukungan pemerintah daerah terhadap mahasiswa Muna Barat, pada tahun 2022 lalu telah diselesaikan desain perencanaan pembangunan asrama mahasiswa yang bertempat di Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu, Kota Kendari.

"Kita (Pemda) inginkan mahasiswa dari semester 1 sampai 4, menempati asrama, sebab ini bergulir, jangan sampai tinggal selamanya di asrama," ungkap Bahri, Rabu (1/2/2023).

Baca Juga: Asrama Mahasiswa Muna Barat Segera Dibangun di Kendari

Kemudian untuk syarat dan peraturan penempatan asrama bagi mahasiswa itu akan ditetapkan oleh pemda, sebab ia takutkan asrama ini akan dijadikan tempat yang tidak baik bagi para mahasiswa, sehingga nanti akan disepakati bersama terkait regulasi penempatan asrama.

Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Kemendagri itu mengatakan, ini juga bagian dari melonggarkan biaya yang dikeluarkan para orang tua mahasiswa, sehingga ia katakan di 2023 ini telah dimulai pembangunan fisik asrama mahasiswa.

"Konsultan perencanaan ya telah selesai di tahun 2022 lalu, saat ini kita sudah mulai lelang fisik," pungkasnya.

Anggaran yang dipersiapkan pada APBD induk 2023 untuk pembangunan asrama senilai Rp 1 miliar, khususnya bagi proses pematangan lahan dan struktur bangunan, serta nantinya akan ditambahkan dananya pada anggaran perubahan selanjutnya, sehingga ditargetkan pada tahun 2024 pembangunan asrama mahasiswa ini telah rampung.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Muna Barat, LM Amrin mengatakan, progres pembangunan asrama mahasiswa tersebut pada tahun 2022 lalu telah rampung pada tahap proses desain serta perencanaan anggarannya.

"Baru rampung proses desainnya ini asrama, kemungkinan 2023 ini akan dimulai proses pembangunannya," ungkap Amrin.

Untuk desain pembangunan sebagaimana yang telah disampaikan oleh Amrin bahwa asrama itu akan dibangun seluas 40x80 meter, yang didesain dua lantai terbagi atas asrama putra dan putri.

Baca Juga: Belum Difungsikan Asrama Mahasiswa Wawonii di Kendari Dikepung Rumput

Untuk itu, dengan adanya pembangunan asrama ini, mahasiswa menyambut baik program pemerintah daerah, pasalnya nantinya pengeluaran para orang tua tidak terlalu terbebani terkait tempat tinggal anaknya.

"Ini juga nanti akan menjadi wadah silahturahmi para mahasiswa se-Kabupaten Muna Barat untuk saling mengenal dalam satu rumpun," ungkap perwakilan Himpunan Mahasiswa Pemuda Madampi (HMPM), Sai Bamba.

Sehingga, ia sebagai salah satu mahasiswa Muna Barat merasa bersyukur dan berbangga memiliki pemimpin yang mampu memperhatikan hal-hal kecil yang menjadi kebutuhan para mahasiswa yang ada di Kota Kendari.

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga