Dispar Kolaka Utara Fokus Kembangkan Objek Wisata Pantai Berova

Muh. Risal H, telisik indonesia
Senin, 06 Februari 2023
0 dilihat
Dispar Kolaka Utara Fokus Kembangkan Objek Wisata Pantai Berova
Potret udara kolam renang, dermaga cinta, dan spot wisata lainnya yang dimiliki objek wisata Pasir Putih, Pantai Berova yang terletak di Desa Pitulua, Kecamatan Lasusua. Foto. Repro Necerz.com

" Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara melalui Dinas Pariwisata, tahun ini fokus melakukan pengembangan objek wisata Pantai Berova "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pasir putih Pantai Berova merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang paling banyak dikunjungi masyarakat Kolaka Utara, baik saat momen libur hari raya keagamaan maupun libur akhir pekan.

Melihat potensi wisata Pantai Berova yang sangat potensial, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara melalui Dinas Pariwisata, tahun ini fokus melakukan pengembangan objek wisata tersebut.

Hal itu sesuai arahan Penjabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi pada kegiatan Banana Culinary Fest 2023, berlangsung di Pantai Berova, 5 Januari 2023 lalu sebagai rangkaian semarak 19 tahun Kabupaten Kolaka Utara.

Kepala Dispar Kolaka Utara, Syamsu Alam mengungkapkan, sesuai arahan Pj bupati, kemungkinan tahun 2023 pihaknya akan menambah wahana baru dan fasilitas pendukung lainnya.

"Rencana kita akan membuat kolam renang khusus untuk anak-anak, karena yang ada saat ini hanya kolam renang untuk dewasa," terangnya, Senin (6/2/2023).

Baca Juga: Kolaka Utara Miliki Puluhan Objek Wisata Menarik

Selain kolam renang, lanjutnya, pihaknya juga berencana menambah wahana bermain untuk para pengunjung wisata alam Pantai Berova seperti banana boat atau wahana permukaan air laut lainnya.

"InsyaAllah semoga tahun ini dapat kita  realisasikan semua. Ini salah satu upaya untuk menarik wisatawan lokal dan luar daerah berkunjung di Pantai Berova," jelasnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, selain  sumber daya alam, destinasi wisata juga dapat menjadi sumber pendapatan daerah serta mampu menggerakkan perekonomian masyarakat Kolaka Utara jika terkelola dengan baik.

"Terlebih lagi program pemerintah saat ini yang berupaya mendorong percepatan pembangunan smelter di Kolaka Utara, tentu ini sangat positif untuk pengembangan wisata Kolaka Utara," ujarnya.

Menurut Kadispar, potensi pariwisata Kolaka Utara sangat luar bisa, destinasi wisata Kolaka Utara dapat disejajarkan dengan Kabupaten Wakatobi.

Sebelumnya, Pj Bupati Kolaka Utara Parinringi mengatakan, Kolaka Utara mempunyai potensi sumber daya alam dan hasil bumi melimpah. Karena itu, ia berharap masyarakat dan semua stakeholder dapat berinovasi dengan sumber daya yang dimiliki khusus hasil bumi.

Baca Juga: Objek Wisata Alam Sorombipi yang Terlupakan

Parinringi juga senantiasa mensupport tumbuhnya pelaku usaha atau industri kreatif di Kolaka Utara dengan mengadakan berbagai kegiatan, salah satunya pameran UMKM dan kegiatan banana culinary fest.

Harapannya, kegiatan tersebut dapat menumbuhkembangkan pelaku usaha-usaha baru atau industri kreatif.

"Kegiatan ini diharapkan bisa memunculkan pelaku-pelaku usaha baru atau industri kreatif terutama di bidang kuliner yang memanfaatkan hasil bumi, misalnya buah pisang yang tumbuh melimpah di Kolaka Utara," harapnya. (B)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga