Wali Kota Kendari Minta Dukcapil Lengkapi Data Kependudukan

Sumarlin, telisik indonesia
Kamis, 05 Agustus 2021
0 dilihat
Wali Kota Kendari Minta Dukcapil Lengkapi Data Kependudukan
Wali Kota Kendari memimpin Rakor percepatan pelayanan dokumen kependudukan. Foto: Sumarlin/Telisik

" Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, memimpin rapat koordinasi percepatan pelayanan administrasi kependudukan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, memimpin rapat koordinasi (rakor) percepatan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk), Kamis (5/8/2021).

Rakor yang dilaksanakan secara hybrid di Media Center Rujab Wali Kota Kendari ini, diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Sulkarnain meminta Disdukcapil untuk mulai memperbaiki data kependudukan di Kota Kendari, agar data kependudukan tersedia dengan baik dan bisa digunakan untuk pengambilan kebijakan.

Ketersediaan data kependudukan sangat dibutuhkan untuk mengambil sebuah kebijakan, agar keputusan yang diambil tepat sasaran dan bisa dipertanggungjawabkan.

"Kebijakan diambil tidak berdasarkan data yang valid, tidak berdasarkan informasi yang jelas khususnya data kependudukan, maka yakin saya kebijakan itu tidak berjalan dan tidak memberikan efek yang maksimal," jelasnya.

Seperti pemberian bantuan, jika data tidak tersedia, maka pemerintah akan kesulitan menentukan kebijakan yang tepat.

Terkait perbaikan data ini, Sulkarnain memberikan target Disdukcapil Kota Kendari untuk bisa menyusul Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dalam memberikan layanan prima, sehingga mendapatkan nilai B plus dari Kementerian PAN RB.

Baca juga: Pemkot Target Integrasikan Semua Layanan Elektroniknya

Baca juga: 790 Nelayan di Kecamatan Abeli dan Nambo Dapat Bantuan dari Pemkot Kendari

Politisi PKS ini menambahkan, dengan tersedianya data dengan baik akan berdampak terhadap banyak hal, terutama dalam pengambilan kebijakan, mengakses program pusat dan tentunya memberikan hak-hak masyarakat.

"Data kependudukan itu sebagai dasar untuk semua program, saya minta teman-teman capil sadari bahwa peran teman-teman sebagai basis data yang akan digunakan seluruh instansi, tidak hanya pemerintah kota tapi sampai pusat," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Iswanto Dongge menjelaskan, berdasarkan data kependudukan kota Kendari hingga Juni 2021 jumlah penduduk Kota Kendari sebanyak 343.320 jiwa atau bertambah sebanyak 118 jiwa dari tahun 2020 sebanyak 343.202.

"343.320 jiwa ini bagi warga yang telah mendaftarkan diri pada dukcapil dan telah memiliki kartu keluarga ini, didalamnya mulai dari nol bulan sampai usia lanjut," jelasnya.

Dia menambahkan, dengan hadirnya aplikasi Jaga Kendari (Jari) sejumlah layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil bisa terdata dengan baik.

Seperti jumlah penerbitan kartu keluarga sejak Januari - Juli sebanyak 19.580, kemudian penerbitan KTP Elektronik sebanyak 5.137, dan yang melakukan update data sebanyak 100.078 orang.

Untuk data pencatatan sipil sejak Januari-Juli tercacat sebanyak 6863 akte kelahiran yang diterbitkan dan akta kematian sebanyak 685.

Rapat koordinasi ini juga dihadiri langsung Sekda dan seluruh camat, sedangkan seluruh lurah mengikuti rapat secara virtual. (B)

Reporter: Sumarlin

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga