Warga Kendari Apresiasi Kemudahan Layanan Kesehatan Lewat Aplikasi Mobile JKN
Ana Pratiwi, telisik indonesia
Senin, 23 Juni 2025
0 dilihat
Hidayat, karyawan swasta warga Kelurahan Wua-Wua merasakan langsung kemudahan aplikasi Mobile JKN. Foto: Ist.
" Transformasi digital di sektor layanan kesehatan mulai dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat pengguna aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) "

KENDARI, TELISIK.ID – Transformasi digital di sektor layanan kesehatan mulai dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat pengguna aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
Salah satu yang merasakan manfaat JKN adalah Hidayat (28), karyawan swasta warga Kelurahan Wua-Wua, Kota Kendari, yang memanfaatkan aplikasi Mobile JKN untuk mempercepat pengurusan administrasi kepesertaannya.
Awalnya Hidayat mendatangi Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kendari untuk memperbarui data pribadi.
Ia melakukan penyesuaian nama agar selaras dengan data yang tercatat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), demi menghindari kendala administratif saat mengakses layanan kesehatan.
Baca Juga: Dinsos Kendari Dorong Solusi Nyata untuk Anjal dan Gepeng
“Kalau data tidak cocok, bisa jadi repot pas ke rumah sakit. Jadi saya pastikan semuanya sinkron dulu,” ujarnya kepada telisik.id, Senin (23/6/2025).
Tak hanya itu, dari kunjungan tersebut ia juga mengenal aplikasi Mobile JKN, platform digital yang memungkinkan peserta JKN mengurus berbagai keperluan administratif hanya lewat telepon selular (ponsel).
“Lewat aplikasi ini, saya bisa cek status kepesertaan, ubah data pribadi, bahkan ambil antrean online di fasilitas kesehatan. Semuanya jadi lebih efisien,” jelasnya.
Sebagai pekerja dengan aktivitas padat, Hidayat menilai kehadiran Mobile JKN menjadi solusi praktis. Ia tidak perlu lagi antre lama di kantor layanan. Semua bisa diakses kapan saja dan di mana saja.
“Desain aplikasinya juga simpel. Saya yang tidak terlalu paham teknologi pun mudah menggunakannya,” katanya.
Menurutnya, digitalisasi layanan publik seperti ini merupakan langkah maju yang sangat membantu. Terlebih dalam kondisi saat ini, di mana kecepatan dan kepraktisan menjadi tuntutan.
Baca Juga: 2.097 Calon Guru Diwisuda, FKIP UHO Pertegas Komitmen Cetak Pendidik Profesional
“Transformasi digital di layanan kesehatan harus terus dikembangkan. Ini bentuk respons terhadap kebutuhan masyarakat zaman sekarang,” tegasnya.
Pengalaman pribadi dalam memperbarui data sekaligus mencoba fitur aplikasi membuat Hidayat makin yakin akan manfaat Program JKN. Ia pun mengajak masyarakat untuk tidak ragu mendaftar sebagai peserta.
“Lebih baik mendaftar dari sekarang. Kita tidak tahu kapan butuh layanan kesehatan. Program JKN dan aplikasi digitalnya sangat membantu,” tutupnya.
Dengan semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan digital seperti Mobile JKN, harapannya akses terhadap layanan kesehatan semakin merata, mudah, dan cepat. (D-Adv)
Penulis: Ana Pratiwi
Editor: Mustaqim
* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS