Waspadai COVID-19 di Hari Lebaran

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 24 Mei 2020
0 dilihat
Waspadai COVID-19 di Hari Lebaran
Jubir Satgas COVID-19 Muna, dr La Ode Ahmad Wahid Agigi. Foto: Ist.

" Hal itu dilakukan untuk menghindari jangan sampai ada klaster baru Idul Fitri. "

MUNA, TELISIK.ID - Penularan virus corona tak mengenal waktu. Virus yang tak terlihat itu, kapan pun bisa menulari manusia.  

Cara penularannya melalui droplets atau tetesan cairan yang berasal dari batuk, bersin, kontak pribadi, menyentuh, berjabat tangan serta menyentuh benda atau permukaan dengan virus di atasnya, kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata sebelum mencuci tangan.

Hingga saat ini, infeksi virus itu belum ada obatnya. Kesembuhan pasien tergantung strategi yang diambil oleh tim medis yang merawatnya.

Karena mudahnya cara penularannya, Tim Satgas COVID-19 Muna ragu di moment perayaan hari raya Idul Fitri 1441 H bisa saja terjadi ledakan kasus akibat kurangnya kesadaran masyarakat terkait physical distancing (jaga jarak) dan social distancing (tidak berkerumun).

Baca juga: Salat Id di Istana Bogor, Jokowi Tiadakan Open House

"Harus diwaspadai. Usahakan lebaran di rumah saja," imbau dr La Ode Ahmad Wahid Agigi, Jubir Satgas COVID-19 Muna.

Dokter ahli penyakit dalam itu mengimbau agar masyarakat selalu memperhatikan dan mengikuti protokol kesehatan. Bagi masyarakat yang lagi bergembira menyambut lebaran untuk mematuhi anjuran pemerintah dengan wajib pakai masker, jaga jarak, jangan berkumpul.

"Hal itu dilakukan untuk menghindari jangan sampai ada klaster baru Idul Fitri," pungkasnya.

Reporter: Naryo

Editor: Rani

Baca Juga