Preservasi Jalan Nasional di Muna Capai Rp 45 Miliar

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 12 April 2021
0 dilihat
Preservasi Jalan Nasional di Muna Capai Rp 45 Miliar
Jalan nasional di Muna yang sementara di preservasi. Foto: Sunaryo/Telisik

" Total anggaranya kurang lebih Rp 45 miliar. Untuk ruas jalan Tampo-Kota Raha Rp 24 miliar dan Watoputeh-Bandara Rp 21 milia "

MUNA, TELISIK.ID - Ruas jalan nasional di Kabupaten Muna tahun ini kembali dilakukan preservasi (pemeliharaan, rehabilitasi dan rekonstruksi). Anggaranya, bersumber dari APBN yang mencapai kurang lebih Rp 45 miliar.

Perwakilan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kendari, Lukas Barthmeus menerangkan, peta jaringan jalan nasional Kabupaten Muna masuk pada wilayah tiga bersama Kabupaten Buton dan Wakatobi dengan panjang mencapai 413,25 KM.

Untuk di Muna, yang akan dipreservasi meliputi ruas jalan Tampo-Kota Raha dengan panjang 82,9 KM dan Watoputeh-Bandara Sugimanuru, Muna Barat (Mubar).

"Total anggaranya kurang lebih Rp 45 miliar. Untuk ruas jalan Tampo-Kota Raha Rp 24 miliar dan Watoputeh-Bandara Rp 21 miliar," kata Lukas di sela-sela Musrenmbang kabupaten tahun 2022.

Untuk usulan penanganan tahun 2022, preservasi jalan di wilayah tiga mencapai 172 KM dengan estimasi anggaran sebesar Rp 67 miliar.

Baca Juga: Warga Asal Gowa Meninggal Usai Menabrak Mobil Pickup di Kolaka Utara

Dalam melakukan perbaikan jalan, banyak permasalahan yang dihadapi dilapangan, seperti banyaknya material milik masyarakat yang berada di bahu jalan dan adanya tumpakan kayu-kayu tebangan pohon yang menyulitkan para pekerja.

Olehnya itu, ia berharap ada kerjasama dengan Pemkab Muna untuk membantu mengingatkan masyarakat untuk memindahkan material dan tumpukan kayu-kayu tersebut. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga