Yuk, Bantu Petugas Kebersihan Mulai dari Pisahkan Sampah Organik dan Anorganik

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 17 Juni 2021
0 dilihat
Yuk, Bantu Petugas Kebersihan Mulai dari Pisahkan Sampah Organik dan Anorganik
Warga membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Jadi kami mengimbau warga Kendari saat akan buang sampah ke TPS agar dipisah dulu, sehingga bisa memudahkan petugas kebersihan saat mengangkut sampah "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu yang bisa dilakukan warga masyarakat untuk memudahkan petugas kebersihan, yaitu memisahkan sampah organik dan anorganik.

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Pengurangan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DLHK) Kendari, Sainul Latief, kepada Telisik.id, Kamis (17/6/2021).

Menurutnya, membantu para petugas kebersihan, khususnya petugas pemungut sampah tidak perlu dengan ikut memungut sampahnya, tapi cukup sebelum membuang sampah ke bak sampah atau TPS memilah sampah organik dan anorganik.

"Jadi kami mengimbau warga Kendari saat akan buang sampah ke TPS agar dipisah dulu, sehingga bisa memudahkan petugas kebersihan saat mengangkut sampah," katanya.

Baca Juga: Pilrek UHO Usai, Prof Zamrun Dilantik Paling Lambat 18 Juli

Baca Juga: Sekolah di Kendari Tetap Dibuka, Ada Siswa Positif COVID-19 Ditutup Lagi

Dengan memisahkan sampah organik dan anorganik ini, tamba dia, maka petugas kebersihan bisa langsung mengetahui mana sampah yang akan dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA), dan mana sampah yang bisa didaur ulang.

Apalagi, lanjut dia, sampah yang dihasilkan dari rumah tangga mencapai 200 ton per hari, sehingga dengan memulai memisahkan sampah organik dan anorganik ini bisa mengurangi sampah sampai ke TPA.

Reporter: Fitrah Nugraha

Baca Juga