Pilrek UHO Usai, Prof Zamrun Dilantik Paling Lambat 18 Juli

Andi Sulthan Mujahidin, telisik indonesia
Kamis, 17 Juni 2021
0 dilihat
Pilrek UHO Usai, Prof Zamrun Dilantik Paling Lambat 18 Juli
Suasana usai pemilihan Rektor UHO yang menetapkan Prof Zamrun sebagai pemenang. Foto: Andi Sulthan Mujahidin/Telisik

" Pelantikan tidak boleh lewat dari 18 Juli karena masa jabatan Prof Zamrun sebagai rektor periode sebelumnya berkahir pada 18 Juli 2021 "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemilihan Rektor Universitas Halu Oleo telah usai. Petahana keluar sebagai pemenang dengan mengungguli dua kandidat lainnya.

Prof Zamrun unggul jauh dalam peroleh suara, dimulai saat penjaringan delapan calon menjadi tiga calon untuk menetapkan balon Rektor, dengan keunggulan mutlak 86 suara Senat.

Hingga memasuki fase pemilihan Rektor yang dilaksanakan di Gedung Sport Center UHO pada Rabu (16/6/21), Prof Zamrun unggul telak dari dua pesaingnya dengan raihan suara 121 suara, disusul Buyung Sarita 26 suara dan Jamhir Safani 21 suara.

Ketua Senat UHO, Prof Takdir menjelaskan, total suara keseluruhan sebanyak 168 suara dengan rincian 109 suara Senat dan 59 suara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek).

Baca Juga: Sekolah di Kendari Tetap Dibuka, Ada Siswa Positif COVID-19 Ditutup Lagi

"Suara Senat sebanyak 109, hasil perhitungan berdasarkan kehadiran, setelah dikonfersi untuk menghasilkan jumlah suara kementerian dengan hitungan 35:65x109 dengan hasil 59 suara kementerian," ungkapnya, Rabu (16/6/21).

Prof Takdir melanjutkan, untuk suara Kementerian sendiri secara teknis 59 lembar surat suara diberikan kepada perwakilan Kemendikbud-Ristek untuk memilih kandidat.

"Secara teknis saya hanya mengumpulkan 59 lembar surat suara lalu saya berikan ke wakil Kementerian lalu mereka nyoblos sendiri," katanya.

Lebih lanjut Prof Takdir menyampaikan, tahapan selanjutnya, hasil dari pemilihan ini akan di serahkan kepada Rektor UHO dan diteruskan ke Kemendikbud-Ristek.

"Tugas kami hanya menyelenggarakan pemilihan, sudah ada hasilnya. Itu akan diserahkan ke Rektor, nanti Rektor yang akan menyampaikan ke Kementerian sekaligus untuk meminta jadwal pelantikan," tambahnya.

Olehnya itu ia menyampaikan, untuk pelantikan sendiri tidak boleh lewat dari tangga 18 Juli.

Baca Juga: Sukseskan Munas Kadin, Wali Kota: Kendari Siap dan Sehat

"Pelantikan tidak boleh lewat dari 18 Juli karena masa jabatan Prof Zamrun sebagai rektor periode sebelumnya berkahir pada 18 Juli 2021," ujarnya.

Di tempat yang sama, saat ditemui pasca penetapannya sebagai pemenang pemilihan Rektor UHO, Prof Zamrun mengatakan, perencanaan program yang akan difokuskan demi pengembangan Universitas Halu Oleo akan dibahas pasca pelantikan.

"Hari ini kita hanya menyelesaikan tahapan pemilihan Rektor periode 2021-2025, untuk rincian ke depannya nanti setelah pelantikan," ujarnya. (B)

Reporter: Andi Sulthan Mujahidin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga