Yuk, Manfaatkan Sampah Botol Plastik Jadi Tempat Menanam Sayur dan Bunga

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 21 Januari 2021
0 dilihat
Yuk, Manfaatkan Sampah Botol Plastik Jadi Tempat Menanam Sayur dan Bunga
Botol plastik yang diolah menjadi tempat menanam sayur. Foto: Repro goggle.com

" Sampah yang dihasilkan dari rumah tangga tidak selamanya harus dibuang ke tong sampah. "

KENDARI, TELISIK.ID – Sampah yang dihasilkan dari rumah tangga tidak selamanya harus dibuang ke tong sampah.

Karena masih dapat dimanfaatkan dengan mengolahnya menjadi barang yang bernilai ekonomis, khususnya sampah anorganik.

Hal tersebut diungkapkan Ketua pengurus Bank Sampah Al Faizin, Hj. Yummi, S.Pd, M.Pd. Menurutnya, mengolah sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis sebenarnya sangat penting dilakukan oleh masyarakat. Sebab, setidaknya hal tersebut bentuk dari kepedulian terhadap lingkungan.

Baca juga: PPKM Mikro di Kendari Berakhir Hari Ini, Stop Atau Lanjut Lagi?

Baca juga: Warga Kelurahan Puuwatu Ingin Bentuk Unit Bank Sampah di Kelurahan se-Kota Kendari

Dimana kata dia, sampah-sampah anorganik dapat dimanfaatkan kembali di rumah, salah salahnya sampah botol plastik dapat diolah menjadi tempat menanam sayur atau bunga.

“Minimal di rumah, kita sudah bisa memilah sampah, mana sampah yang harus dibuang dan mana yang masih bisa diolah kembali. Setidaknya bisa dimanfaatkan di rumah, seperti sampah botol plastik bisa dimanfaatkan menjadi tempat menanam sayur atau bunga di rumah kita,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pengurangan Sampah dan Limbah B3 DLHK Kendari, Sainul Latief mengatakan, untuk mengelola sampah ini, pihaknya mengimbau kepada warga masyarakat untuk bisa memilah sampah-sampahnya dengan mengadakan tempat sampah untuk sampah organik dan anorganik di rumah masing-masing.

“Dengan memilah sampah sejak di rumah, akan memudahkan petugas sampah untuk memilih mana sampah yang memang bisa dibuang langsung dan mana yang masih bisa dimanfaatkan menjadi barang yang bernilai ekonomis seperti sampah anorganik ini,” ujarnya. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga