Yusmin Masuk Bursa Calon Pj Wali Kota Kendari, Dapat Dukungan Dua Fraksi DPRD

Musdar, telisik indonesia
Senin, 12 September 2022
0 dilihat
Yusmin Masuk Bursa Calon Pj Wali Kota Kendari, Dapat Dukungan Dua Fraksi DPRD
Meski tidak lolos perangkingan, Kepala Biro Kesra Setda Sulawesi Tenggara, Yusmin masuk bursa calon Pj Wali Kota Kendari. Foto: Ist.

" Kepala Biro Kesra Setda Sulawesi Tenggara, Yusmin diperhitungkan untuk menjadi Pj Wali Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Kepala Biro Kesra Setda Sulawesi Tenggara, Yusmin diperhitungkan untuk menjadi Pj Wali Kota Kendari.

Namanya masuk dalam bursa calon Pj Wali Kota Kendari usulan fraksi-fraksi DPRD Kota Kendari, walaupun akhirnya tidak lolos dalam tiga besar.

Dari akumulasi usulan calon Pj Wali Kota Kendari dari masing-masing fraksi yang menjadi dasar perangkingan. Yusmin diusulkan NasDem dan PAN. Diketahui setiap fraksi masing-masing mengusulkan tiga nama.

Ketua Presidensial KAHMI Sulawesi Tenggara periode 2022-2027 itu menyampaikan, terimakasih kepada DPRD terkhusus kepada fraksi-fraksi yang mengusulkan namanya. Di sisi lain, apapun yang menjadi keputusan DPRD tetap ia hormati.

Yusmin juga menghargai pihak-pihak yang menilai dirinya layak untuk menjadi Pj wali kota hingga namanya masuk dalam usulan fraksi.

"Kita hargai penilaian itu. Soal kita terpilih atau tidak terpilih urusan lain itu. Intinya kita berterimakasih dan kita hargai putusan DPRD," ucapnya Senin (12/9/2022).

Baca Juga: Mayoritas Fraksi di DPRD Tak Ingin Sekda Ridwansyah Jadi Pj Wali Kota Kendari

Tak lolos di DPRD, Yusmin masih memiliki kesempatan untuk diusulkan menjadi Pj wali kota melalui usulan gubernur.

Yusmin mengatakan, tidak mengetahui apakah dirinya akan diusulkan oleh gubernur atau tidak. Sebab lanjut Yusmin, siapapun yang diusulkan menjadi kewenangan dan rahasia Gubernur Ali Mazi.

Namun Yusmin mengaku siap menjalankan tugas sebagai Pj wali kota apabila gubernur memberikannya tanggungjawab.

"Ya tentu kita harus siaplah, kita kan ini Pegawai Negeri Sipil. Itu kalau kita diberi tanggungjawab, tapi tidak harus melakukan langkah-langkah (untuk diberikan tanggungjawab) kita nothing to lose saja ya, kita santai saja," bebernya.

DPRD Kota Kendari telah menetapkan tiga nama calon Pj Wali Kota Kendari yang akan diusulkan ke Kemendagri.

Adalah Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri, Asmawa Tosepu, mantan Sekda Kota Kendari, Nahwa Umar dan Direktur Pengelolaan Logistik dan Peralatan BNPB, Nadirah Saha Nur.

Tiga nama ini ditetapkan berdasarkan jumlah suara yang diperoleh. Tiga orang yang mendapatkan suara terbesar diusulkan menjadi Pj Wali Kota Kendari ke Kemendagri.

Berikut hasil rangking calon Pj Wali Kota Kendari usulan fraksi-fraksi DPRD Kota Kendari:

Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri Asmawa Tosepu memperoleh 6 suara dari Fraksi PKS, Golkar, PAN, Gerindra, NasDem dan Fraksi DKI.

Baca Juga: Ini Tiga Nama Calon Pj Wali Kota Kendari Usulan DPRD

Kemudian mantan Sekda Kota Kendari Nahwa Umar memperoleh 6 suara Fraksi PKS, Golkar, Gerindra, NasDem dan Fraksi DKI.

Direktur Pengelolaan Logistik dan Peralatan BNPB Nadirah Saha Nur memperoleh 4 suara dari Fraksi PKS, Golkar, PAN dan Fraksi DKI.

Kepala Biro Kesra Setda Sultra Yusmin memperoleh 2 suara dari Fraksi NasDem dan PAN.

Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala memperoleh 2 suara dari PDIP dan dua Gerinda. Terkahir Kepala Kesbangpol Sultra, Syahruddin Nurdin memperoleh 1 suara dari Fraksi PDIP. (B)

Penulis: Musdar

Editor: Kardin

Baca Juga