8 Cara Jitu Membentuk Tim Kerja yang Solid dan Efektif

Fitrah Nugraha

Reporter

Minggu, 23 Oktober 2022  /  8:07 pm

Tim kerja memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan atau organisasi, makanya kekompakan harus dijaga. Foto: Repro google.com

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu faktor penting yang membuat perusahaan atau organisasi dan lembaga bisa sukses dan mencapai targetnya adalah adanya tim yang efektif dan solid di dalamnya.

Pada umumnya, dikutip dari kemenkeu.co.id, tim merupakan sekumpulan orang yang memiliki keterampilan yang saling melengkapi dan memiliki komitmen untuk mencapai suatu tujuan bersama dengan suatu proses kerja bersama dimana mereka saling bertanggung jawab satu sama lain.

Karena peran sebuah tim ini sangat penting, makanya harus dijaga kekompakan agar bisa tercipta tim yang solid.

Melansir pintar.co, berikut beberapa hal yang wajib dilakukan agar tim kerja bisa solid satu sama lain:

Baca Juga: Catat, 11 Cara Ini Bisa Bantu Cegah Gagal Ginjal

1. Punya Visi dan Misi yang Sama

Untuk menjangkau lebih jauh, jelas hal pertama yang harus kamu capai bersama rekan kerja lainnya adalah menyamakan visi dan tujuan. Baik pimpinan tim dan juga anggota lainnya harus memahami bahwa dalam hal ini, kepentingan tim lebih penting dibandingkan individu.

2. Membangun Rasa Percaya 

Rasa percaya adalah kunci dari sebuah tim, karena sulit untuk menjadi tim yang sukses jika antar anggotanya memiliki rasa tidak percaya yang rentan akan konflik. Dampaknya akan fatar yang bisa kembali ke arah urusan individual masing-masing.

Dengan rasa percaya, maka setiap orang dalam tim bisa mengemban tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan terlaksana dengan baik tanpa membebankan rekan lainnya.

3. Jalinan Komunikasi yang Lancar

Jadikan komunikasi antar rekan dalam tim berjalan dengan lancar. Dengan begitu akan terbentuk budaya yang positif kerja yang bisa saling membantu nantinya, seperti jika terjadi masalah atau kendala.

Apalagi dengan teknologi yang ada saat ini, aplikasi chat dan perangkat yang kian canggih memungkinkan kamu tetap bisa berinteraksi dengan tim seputar pekerjaan agar terhindar dari salah paham.

4. Adakan Kegiatan Bersama secara Rutin  

Terlihat sederhana, tapi dengan menjalani kegiatan bersama baik saat kerja maupun tidak. Akan mempererat chemistry antar rekan kerja. Dan lebih memahami karakter dari tim sehingga dalam momen diskusi pekerjaan akan semakin mudah menemukan titik temunya.

Kegiatan bersama yang bisa dijalani, seperti makan atau olahraga bersama. Menjadi cara sederhana yang tanpa disadari bisa memberikan efek luar biasa dalam membentuk tim kerja yang solid.

5. Pahami Peran dan Tanggung Jawab

Dalam membentuk tim yang efektif, maka tidak mungkin masing-masing anggota atau rekan kerja memiliki tanggung jawab yang sama. Untuk itu, diperlukan pembagian kerja yang sesuai dan pas dengan kemampuan dan peran setiap rekan kerja. Agar setiap individu lebih fokus dalam mengerjakan tugasnya masing-masing.

6. Meningkatkan Kompetensi Tim

 Bila dalam tim kerja, kualitas yang dimiliki setiap anggota tidak merata. Maka tidak ada salahnya untuk meningkatkannya melalui pelatihan. Dan pastikan pelatihannya disesuaikan dengan pekerjaan, tugas, dan tanggung jawabnya.

Bicara mengenai pelatihan, di Pintaria juga ada lho beragam pelatihan atau kursus yang  sangat berguna untuk dunia kerja, khususnya untuk kamu yang merupakan peserta program kartu prakerja.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Potong Bawang Agar Tak Menangis

7. Menghormati dan Menghargai

 Dengan beragam karakter dan ide yang ada, setidaknya harus diawali dengan sikap yang bisa saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada. Dengan begitu akan membentuk tim yang kokoh dan kompak.  Bahkan dengan sikap tersebut, membentuk visi dan misi yang sama menjadi lebih mudah.

8. Melakukan Evaluasi

Tolak ukur apakah kerja tim baik atau tidak adalah melalui evaluasi. Dengan begitu kamu dan tim menjadi tahu mana yang tidak berjalan sesuai rencana dan perlu perubahan, atau memperbaiki hal yang kurang.

Ingat Pintarian, bahwa evaluasi bukan bertujuan untuk mencari kesalahan. Melainkan untuk mendapatkan arah dan masukan yang lebih baik untuk proses kerja yang maksimal. Bila dalam prosesnya terjadi perubahan, maka hal tersebut dipastikan mendapatkan kesepakatan bersama.

Dan dengan evaluasi, kesuksesan kerja tim bisa selalu dipantau dan diawasi.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membangun tim di tempat kerja atau organisasi yang efektif dan solid. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin