8 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Nur Khumairah Sholeha Hasan

reporter

Selasa, 26 Juli 2022  /  9:55 pm

Tips memilih jurusan kuliah yang tepat salah satunya adalah melakukan riset jauh-jauh hari, dengan melihat ilmunya, prospek kerja, rekam jejak alumni dan sebagainya. Foto: Repro latsol berbagi.com

KENDARI, TELISIK.ID - Sebelum memilih jurusan di perguruan tinggi, ada baiknya kamu perlu pahami jurusan kuliah yang tepat sebelum memilih. Karena hal ini sangat berpengaruh pada masa depan terutama ketika akan mencari kerja yang terkadang membutuhkan jurusan dan keilmuan tertentu.

Beberapa hal yang mesti kamu perhatikan ketika akan menentukan jurusan yang ingin kamu ambil saat mendaftarkan diri di sebuah universitas.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar tidak salah pilih dalam memilih jurusan kuliah, seperti dilansir dari sejumlah sumber antara lain:

1. Lakukan riset

Agar semakin yakin, sebelum mendaftar kuliah atau bahkan jauh sebelum itu, kamu perlu mengetahui sebanyak-banyaknya tentang jurusan incaranmu. Seperti bidang ilmunya, prospek kerja, rekam jejak alumni dan lain sebagainya.

2. Kenali bakat yang diminati

Mengetahui minat dan bakat memang tidak semudah itu. Namun, sejak dini di bangku sekolah kamu bisa memahami kembali apa yang sebenarnya ingin kamu tekuni dan kamu sangat menyukai hal itu. Dengan mengenali potensi yang ada pada dirimu, lalu bangkitkan motivasi untuk mengambil jurusan yang sesuai dengan tujuan.

Dikutip dari isknews.com, mengetahui minat atau passion juga sangatlah penting. Ini akan sangat berhubungan dengan cepat atau lambatnya kelulusan kamu, jangan sampai ketika memulai kamu malah merasa tidak suka dengan apa yang kamu pelajari dan itu sangat mempengaruhi produktivitas kamu belajar ketika di kampus Resiko paling buruk adalah kamu akan lulus lama dan semakin banyak biaya yang orang tua atau kamu keluarkan.

3. Meminta pendapat pada orang yang berpengalaman

Hal paling sederhana untuk mengetahui jenjang yang belum pernah dialami adalah dengan bertanya kepada seseorang yang berpengalaman. Kamu bisa mendiskusikan berbagai pilihan jurusan kuliah dengan guru atau orang terdekat yang sudah memiliki pengalaman dan kapasitas yang dapat memberikan pendapat dari berbagai sudut pandang dan pengetahuan yang baru.

4. Bersungguh-sungguh

Ketika kamu sudah yakin memilih jurusan dan mulai menghadapi berbagai pilihan, tentunya harus diikuti dengan rasa tanggung jawab, di mana kamu harus bersungguh-sungguh dan melakukan segalanya dengan optimal.

Baca Juga: 5 Tips Agar Tak Galau Hadapi Masa Depan

5. Perdalam hobi

Hobi merupakan salah satu titik terang dari minat dan bakat yang terpendam dalam diri. Untuk itu, jangan sepelekan hobi yang kamu jalani. Jika kamu suka menulis atau menggambar, maka cari jurusan yang sesuai dengan hobi tersebut. Jika didalami kamu akan lebih melihat minat dan bakat dalam diri.

6. Lihat panutan

Lihat lah setidaknya tiga orang role model atau panutan dalam hidupmu. Kemudian, pikirkan secara spesifik hal dari mereka apa yang membuat dirimu terinspirasi. Hal yang menginspirasi tersebut bisa menjadi kunci dari minat dan bakat terpendam dirimu. Misalnya, kamu terinspirasi karena sosok tersebut mampu bekerja sama dalam tim dan panutan yang hebat.

7. Mencari tahu hal yang disukai

Setelah menyaring hal yang paling kamu sukai, coba untuk tulis tangan hal tersebut. Dengan menulis, kamu akan lebih mengenali dan berpikir mengenai minat tersebut apakah sesuai dengan diri sendiri atau tidak.

Baca Juga: Anak Tak Suka Pelajaran Matematika? Ini 8 Tips Mengatasinya

8. Jangan ikut-ikutan orang lain

Boleh menganggap orang lain keren, boleh juga meminta saran pada orang lain. Tapi jangan pernah berpegang pada asas ikut-ikutan teman. Karena teman tidak tahu bagaimana kita, belum tentu juga apa yang membuat dia tertarik sama dengan kita. Setiap orang unik, setiap orang berbeda maka tidak bisa kita harus sama dengan orang lain. Yakinlah tempat kuliah baru akan memungkin anda bertemu orang baru dan menambah koneksi. Temukan kebahagian anda sendiri, terbangkan sayap selebar mungkin. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Musdar