Ciri-Ciri Orang Terkena Santet, dan Doa Penangkalnya Sesuai Ajaran Islam

Muhammad Israjab

Reporter

Jumat, 16 Oktober 2020  /  10:21 am

Menangkal santet dengan doa-doa yang sesuai tuntunan Islam. Foto: Repro Google.com

KENDARI, TELISIK.ID - Santet, sihir atau guna-guna merupakan suatu penyimpangan (ilmu hitam) yang sudah ada sejak zaman masa para nabi.

Orang-orang mengamalkan sihir atau santet bersekutu dengan jin untuk mendapatkan kekuatan, sebuah perbuatan syirik yang sangat dilarang oleh Allah.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

Artinya: “Jauhilah oleh kalian tujuh dosa besar yang membinasakan. Para sahabat bertanya, Wahai Rasulullah, apakah ketujuh dosa besar itu? Beliau menjawab: Syirik kepada Allah, sihir, dan membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan alasan yang dibenarkan, memakan riba, memakan harta anak yatim, melarikan diri pada saat terjadi peperangan dan menuduh berzina wanita-wanita mukminah yang telah bersuami dan menjaga diri, yang tengah lengah”.

Nabi Muhammad pernah terkena sihir, dan beliau mampu melawannya dengan doa-doa.

Islam mengajarkan cara-cara agar terhindar dari sihir, misalnya dengan rajin berzikir, membaca ayat-ayat tertentu dalam Al Quran, rajin berwudhu terutama sebelum tidur, hingga memakan 7 buah kurma setiap hari.

Pendakwah lulusan Universitas Islam Madinah, Ustadz Syafiq Riza Basalamah memaparkan ciri-ciri orang terkena sihir menurut pandangan Islam.

“Adapun ciri-ciri orang itu terkena sihir, di antaranya ada perubahan dari dalam dirinya, namun perubahan itu tidak diketahui karena apa. Misalkan dia merasakan sakit, tapi sakit tersebut secara medis tidak ada,” kata Syafiq dalam sebuah video tausyiahnya dikutip Telisik.id, Jumat (16/10/2020).

Baca juga: Apa itu Rebo Wekasan Jatuh 14 Oktober? Begini Cara dan Niat Shalatnya, Lengkap dengan Doa

Dia mencontohkan saat Nabi Muhammad terkena sihir.

“Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam ketika itu ada yang menyihir beliau, ia merasa telah mendatangi istrinya, padahal belum. Ada sesuatu yang berubah dari dirinya yang tidak biasa.”

Orang terkena sihir biasanya juga sering mengalami mimpi buruk dalam tidurnya.

Makanya sebelum tidur sangat dianjurkan berwudhu dan membaca ayat-ayat Al Quran serta kalimah zikir agar terhindar dari sihir atau gangguan setan.

Orang terkena sihir juga kadang membuat dirinya sakit atau lemah tiba-tiba, misalnya fisiknya kuat tapi mendadak tidak mampu saat bersetubuh dengan istrinya.

Ada juga orang yang terkena sihir tiba-tiba bisa membenci orang terdekatnya, misalnya istri membenci suaminya.

“Beberapa ilmu sihir mengubah sang istri sangat membenci suaminya. Ini biasanya untuk merusak rumah tangga seseorang,” ujar Syafiq.

Menurutnya ada beberapa faktor orang bisa terkena sihir, misalnya kurangnya beribadah dan lemahnya iman kepada Allah, atau bahkan pernah menyakiti orang lain.

Baca juga: Minum Obat Kuat Sebelum Hubungan Seksual sama Istri?

Berikut ini doa-doa penangkal santet yang telah dirangkum Telisik.id:

1. Membaca Al Quran dan Zikir

Ruqyah menjadi salah satu doa menghilangkan santet dari tubuh. Bagian dari ruqyah adalah membaca ayat Al Quran dan zikir yang mudah.

Hal itu sesuai dengan hadis riwayat Abu Daud nomor 3884 dan Tirmidzi nomor 2057. Dari Imron bin Hushain, dari Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam , beliau bersabda:

Artinya: Tidak ada ruqyah kecuali pada penyakit karena mata hasad (dengki) atau karena sengatan binatang.

2. Doa Penangkal Santet

Ada cara menangkal sihir di rumah. Doa penangkal santet ini bisa diamalkan sesuai dengan hadis riwayat Bukhari nomor 3371, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam berdoa untuk meminta perlindungan untuk Hasan dan Husain:

Latin: Audzu bi kalimaatillahit taammati min kulli syaithonin wa haammatin wa min kulli 'ainin laammatin

Artinya: Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang telah sempurna dari godaan setan, binatang beracun dan dari pengaruh 'ain yang buruk

3. Penyebab Terkena Santet

Santet bisa terjadi karena beberapa hal. Pertama karena lalai mengingat Allah Subhanahu wa Ta'ala, tidak mau mengindahkan ketaatan (ibadah), dan tidak mau memperhatikan zikir-zikir syar'i (pagi, petang, sebelum tidur, dan ketika masuk kamar mandi).

Allah SWT dalam Quran Surah Az-Zukhruf ayat 36 pun berfirman

Artinya: Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Rabb Yang Maha Pemurah (Al Quran), Kami adakan baginya syaitan (yang menyesatkan) maka syaitan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya. (B)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

TOPICS