Foto Lionel Messi Muda dengan Bayi Lamine Yamal Viral Setelah Hampir 17 Tahun

Mustaqim

Reporter

Selasa, 09 Juli 2024  /  4:22 pm

(Kanan) Messi saat masih berusia 20 tahun, dengan Lamine Yamal yang berusia 6 bulan, dari pemotretan pada tahun 2007. (Kiri) Lamine Yamal, 16 tahun, dengan seragam Timnas Spanyol Foto: AP

MUNICH, TELISIK.ID - Ketika Joan Monfort mengambil foto Lionel Messi dengan bayi untuk kalender amal hampir 17 tahun yang lalu, dia tahu pemuda berambut panjang itu akan menjadi pemain besar dalam sepakbola.

Namun, Monfort tidak bisa membayangkan nasib ke depan balita itu yang bersama Messi.

Bayi dalam foto – yang telah menjadi viral – tidak lain adalah Lamine Yamal, wonderkid di Timnas Spanyol, yang pada usia 16 tahun sudah menjanjikan sehingga dia bisa dibandingkan dengan pemain yang hebat.

Yamal merupakan remaja yang bermain untuk Spanyol. Dia menjadi pemain termuda di Euro 2024 yang sedang berlangsung di Jerman.

Baca Juga: Euro 2024: Wasit Semifinal Inggris vs Belanda Punya Sejarah Masalah dengan Bellingham

Foto yang telah lama terlupakan dari tahun 2007 muncul kembali setelah ayah Yamal mempostingnya di Instagram pada minggu lalu dengan teks “awal dari dua legenda.”

Monfort (56) yang bekerja sebagai fotografer lepas untuk The Associated Press (AP) dan lainnya, mengatakan pemotretan itu berlangsung di ruang ganti pengunjung di Camp Nou, Barcelona, pada musim gugur 2007. Ketika itu Yamal baru berusia beberapa bulan.

Para pemain Barcelona berpose dengan anak-anak dan keluarga mereka untuk kalender sebagai bagian dari kegiatan amal tahunan oleh surat kabar lokal Diario Sport dan UNICEF.

Monfort bertanggung jawab atas pemotretan dan kebetulan Messi dipasangkan dengan keluarga Yamal. Ibunya, yang berasal dari Guinea Khatulistiwa, berada di sebelah Messi dan bayinya di salah satu foto.

“Kami membuat kalender dengan bantuan UNICEF. Jadi UNICEF melakukan undian di lingkungan Roca Fonda di Mataró tempat keluarga Lamine tinggal. Mereka mendaftar untuk undian agar mereka berfoto di Camp Nou dengan pemain Barca dan mereka memenangkan undian,” cerita Monfort, seperti dikutip dari AP, Selasa (9/7/2024).

Monfort mengenang itu bukan tugas yang mudah, terutama karena Messi tidak yakin bagaimana berinteraksi dengan bayi Lamine, yang berada di bak plastik untuk pemotretan.

“Messi adalah pria yang cukup tertutup, dia pemalu. Dia keluar dari ruang ganti dan tiba-tiba dia menemukan dirinya di ruang ganti lain dengan bak plastik penuh air dan bayi di dalamnya. Itu rumit. Dia bahkan tidak tahu bagaimana memeluknya pada awalnya,” kenang Monfort.

Messi berusia 20 tahun pada saat itu dan sudah dianggap punya bakat besar. Tetapi itu butuh waktu beberapa tahun sebelum ia membuat prestasi sebagai pemain paling menonjol dari generasinya untuk Barcelona dan Argentina.

Seperti Messi, Yamal telah melalui akademi muda La Masia Barcelona yang terkenal. Terlepas dari usianya, dia menjadi salah satu pemain terbaik Spanyol di Euro 2024, di mana timnya akan bermain melawan Prancis di semifinal pada Rabu (10/7/2024) dinihari WIB.

Baca Juga: Dorival Tangani Brasil hingga Piala Dunia 2026 Meski Gagal di Copa America 2024

Yamal akan berusia 17 tahun pada hari Sabtu (13/7/2024), sehari sebelum final di Berlin.

Monfort awalnya tidak tahu itu Yamal di foto-foto tersebut dari 2007, sampai seorang teman mengirim pesan kepadanya ketika mereka mulai menjadi tren online.

Dia memiliki karir yang panjang sebagai fotografer olahraga sejak tahun 1991, mengikuti Barcelona ke seluruh dunia. Namun, dia mengatakan dirinya tidak pernah mengalami tingkat kegembiraan seperti ini di sekitar foto-fotonya.

“Sangat menarik untuk dikaitkan dengan sesuatu yang telah menyebabkan sensasi seperti itu. Sejujurnya, itu perasaan yang sangat menyenangkan,” kata Monfort. (C)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS