Euro 2024: Wasit Semifinal Inggris vs Belanda Punya Sejarah Masalah dengan Bellingham

Mustaqim, telisik indonesia
Selasa, 09 Juli 2024
0 dilihat
Euro 2024: Wasit Semifinal Inggris vs Belanda Punya Sejarah Masalah dengan Bellingham
Wasit asal Jerman, Felix Zwayer, yang punya sejarah masalah dengan pemain Inggris, Jude Bellingham. Foto: Repro AP

" Wasit asal Jerman, Felix Zwayer, telah ditunjuk untuk memimpin semifinal Euro 2024 antara Inggris dan Belanda di BVB Stadion, Dortmund, pada Kamis (11/7/2024) dinihari pukul 02:00 WIB "

DORTMUND, TELISIK.ID - Wasit asal Jerman, Felix Zwayer, telah ditunjuk untuk memimpin semifinal Euro 2024 antara Inggris dan Belanda di BVB Stadion, Dortmund, pada Kamis (11/7/2024) dinihari pukul 02:00 WIB.

Felix Zwayer diketahui sebagai wasit yang sebelumnya bentrok dengan pemain Inggris, Jude Bellingham, di stadion yang sama.

Pada tahun 2021, ketika Bellingham berada di Borussia Dortmund, gelandang Inggris itu menerima denda 40.000 euro (43.320 USD) atau sekitar Rp 703 juta. Denda itu terkait komentar Bellingham mengenai Zwayer menyusul kekalahan 2-3 timnya oleh Bayern Munich.

Dortmund memprotes penalti  yang dijatuhkan sebelum pemimpin Bundesliga, Bayern, mencetak gol dari titik penalti untuk mengambil tiga poin melawan rival terdekatnya. Bellingham saat itu sangat marah ketika dia berbicara setelah pertandingan.

“Anda bisa melihat banyak keputusan dalam permainan. Anda memberi wasit, yang telah memperbaiki pertandingan sebelumnya, pertandingan terbesar di Jerman. Apa yang Anda harapkan?” kata Bellingham saat itu.

Baca Juga: Data dan Fakta Spanyol vs Prancis Jelang Semifinal Euro 2024

Komentar Bellingham merujuk pada periode dalam karir Zwayer yang lebih suka dikenangnya.

Pada tahun 2005, wasit Robert Hoyzer dijatuhi hukuman dua tahun dan lima bulan penjara. Hoyzer dihukum karena perannya dalam skandal pengaturan pertandingan besar-besaran yang mengguncang sepakbola Jerman.

Meskipun saat itu Zwayer adalah salah satu dari mereka yang melaporkan kecurigaannya, dia juga dihukum. Zwayer dilarangan memimpin pertandingan enam bulan oleh Federasi Sepak Bola Jerman (DFB).

Baca Juga: Euro 2024: Spanyol Anggap Mbappe Senjata Utama Prancis untuk Bisa ke Final

Zwayer dijatuhi sanksi karena menerima 300 euro dari Hoyzer karena setuju untuk membuat keputusan yang salah selama pertandingan saat dia menjadi asisten wasit.

Zwayer beristirahat sejenak setelah komentar Bellingham, tetapi sejak itu telah menjadi wasit final Liga Bangsa-Bangsa 2023. Sementara di Euro 2024, Zwayer telah memimpin tiga pertandingan sebelum semifinal.

UEFA menolak berkomentar tentang penunjukan Zwayer untuk pertandingan Inggris melawan Belanda. (C)

Penulis: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga