Jokowi Sentil Si Tukang Kayu dan Putusan MK di Munas Golkar XI

Ahmad Jaelani

Reporter

Kamis, 22 Agustus 2024  /  10:12 am

Presiden Jokowi hadir di Munas XI Golkar di Jakarta. Foto: Instagram Golkar Indonesia

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo kembali menarik perhatian saat menyampaikan sambutannya pada penutupan Munas XI Golkar di Jakarta. Dalam pidatonya, Jokowi menyinggung Si Tukang Kayu, julukan yang sering disematkan padanya, serta Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pemilihan kepala daerah (pilkada).

Jokowi menyoroti kehebohan di media sosial dan media massa yang membahas putusan tersebut dan mengaitkannya dengan dirinya, meskipun sebenarnya putusan itu merupakan kewenangan MK sebagai lembaga yudikatif.

Jokowi mengawali pidatonya dengan mengamati riuhnya media sosial beberapa hari terakhir. "Ini sehari dua hari ini, kalau kita melihat media sosial dan media massa, ini sedang riuh, sedang ramai setelah putusan yang terkait dengan pilkada," kata Jokowi di hadapan para peserta Munas Golkar, seperti dilansir dari antaranews.com, Kamis (22/8/2024).

Presiden Jokowi mengaku tidak terkejut dengan fenomena ini. Ia memahami bahwa dalam demokrasi, berbagai hal bisa menjadi bahan perbincangan dan sorotan publik.

Baca Juga: Bahlil Lahadalia Bakal Rombak Calon Kepala Daerah dari Golkar Rekomendasi Airlangga Hartarto

"Kalau sering buka di media sosial pasti tahu Tukang Kayu ini siapa. Padahal kita tahu semuanya, kita tahu semuanya yang membuat keputusan itu adalah MK, itu adalah wilayah yudikatif dan yang saat ini juga sedang dirapatkan di DPR itu adalah wilayah legislatif, tapi tetap yang dibicarakan adalah Si Tukang Kayu," ujar Jokowi.

Meski demikian, Jokowi tetap menekankan pentingnya menghormati kewenangan masing-masing lembaga negara. Ia menegaskan bahwa sebagai kepala eksekutif, dirinya sangat menghormati keputusan lembaga yudikatif dan legislatif.

Baca Juga: Potensi Bahlil Lahadalia jadi Ketua Umum Golkar Secara Aklamasi Menguat

"Jadi saya, kami, sangat menghormati kewenangan dan keputusan dari masing-masing lembaga negara yang kita miliki, mari kita menghormati keputusan, beri kepercayaan bagi pihak-pihak yang memiliki kewenangan untuk melaksanakan proses secara konstitusional," tambahnya.

Sebelumnya, Jokowi juga telah menyampaikan bahwa ia menghormati putusan MK dan DPR RI terkait dengan syarat calon kepala daerah.

"Kita hormati kewenangan dan keputusan dari masing-masing lembaga negara," ucap Presiden Jokowi dalam keterangan persnya yang dipantau dari kanal YouTube @Sekretariat Presiden, Rabu (21/8/2024). (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS