Kali Biru Hilang Pesona, Kades Banabungi Minta Pengelolaan Diberikan ke Desa

Febriyani

Reporter

Rabu, 16 Oktober 2024  /  6:43 am

Kali Biru, yang berada di Desa Banabungi, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, kini nampak terbengkalai. Foto: Febriyani/Telisik

BUTON, TELISIK.ID — Wisata Kali Biru yang terletak di Desa Banabungi, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, yang dulunya menjadi destinasi favorit di ibu kota kini kehilangan pesonanya.

Keramaian yang dulu selalu memadati tempat wisata ini kini tinggal kenangan. Berbagai faktor, termasuk kurangnya perhatian dari pemerintah, menyebabkan Kali Biru tak lagi diminati oleh pengunjung.

Selain itu, warung-warung kecil yang dibangun oleh pemerintah daerah kini tampak terbengkalai, tanpa perawatan yang memadai. Akibatnya, kawasan ini sering dijadikan tempat mabuk-mabukan, yang semakin memperburuk kondisi tempat wisata tersebut.

Kepala Desa Banabungi, La Ode Mursalim Patu, menyesalkan kondisi Kali Biru yang kini tampak kumuh.

Baca Juga: Pernah Hits, Kali Biru Kabupaten Buton Kini Terbengkalai

Menurutnya, jika pengelolaan Kali Biru diserahkan kepada pemerintah desa, kondisinya tidak akan seburuk sekarang.

"Kami sangat menyayangkan kondisi Kali Biru yang kumuh seperti ini. Warung-warung yang dibangun pemerintah kini rusak, dan sampah berserakan di mana-mana," ungkap Mursalim Patu saat ditemui di Kantor Desa Banabungi, Selasa (15/10/2024).

Baca Juga: Banyak Pengunjung, PKL Kali Biru Kebanjiran Rezeki

Ia juga menyebutkan bahwa masyarakat Desa Banabungi sudah lelah membersihkan Kali Biru sendiri. Karena itu, pemerintah desa berharap ada kerjasama dengan pemerintah daerah agar kawasan Kali Biru bisa kembali bersih dan tertata.

Mursalim Patu percaya bahwa dengan pendampingan dan pengawasan yang lebih baik, desa dapat mengelola potensi wisata tersebut secara mandiri dan mendapatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

"Jika Pemda tidak mampu mengelola Kali Biru, serahkan saja kepada desa agar pengelolaan dapat berjalan optimal dan berkelanjutan," pungkasnya. (C)

Penulis: Febriyani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS