Kawan Inspirasi Kendari Sukses Gelar Sapa Pulau 2.0 di Wakatobi

Nur Fauzia

Reporter

Kamis, 10 Oktober 2024  /  1:20 pm

Kawan Inspirasi Kendari saat menemui Pemerintah Daerah Wakatobi. Foto: Kawan Inspirasi

WAKATOBI, TELISIK.ID - Komunitas Kawan Inspirasi Kendari kembali menggelar kegiatan sapa pulau 2.0 di Mola Raya, Kabupaten Wakatobi. Kegiatan yang berlangsung selama sepekan ini berhasil menyentuh hati ratusan siswa, guru, dan masyarakat setempat dengan berbagai program edukatif dan inspiratif.

Ketua panitia, Shelvi Pratiwi, mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi dan berbagi ilmu kepada masyarakat Mola Raya dengan sasaran kegiatan yaitu siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) serta masyarakat setempat.

Kegiatan yang diikuti oleh 1077 siswa serta 39 orang inspirator dengan berbagai profesi seperti jaksa, banker, arsitek, MUA, pemadam kebakaran, dan beberapa profesi lainnya.

Kata Shelvi, kegiatan ini mencakup berbagai program menarik yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan kesejahteraan masyarakat. Di antaranya yaitu ruang interaksi, ruang edukasi, ruang kompetisi, ruang literasi, ruang inspirasi, dan ruang diskusi.

"Ruang interaksi yang menyelenggarakan sosialisasi pencegahan stunting dan pernikahan dini, ruang edukasi yang menawarkan pelatihan teknik wicara publik, serta ruang kompetisi yang menampilkan lomba permainan tradisional," ujar Shelvi.

Baca Juga: Bersama Anak Desa Bajoe Indah, Kawan Inspirasi Adakan Lomba dan Bukber

Selain itu, ada ruang literasi yang memberikan pelajaran Bahasa Inggris untuk pemandu wisata, ruang inspirasi dengan pengenalan profesi bagi anak SD, dan ruang diskusi yang membahas pembuatan bahan ajar berbasis artificial intelligence.

Program lainnya, sambung Shelvi, meliputi ruang medika yang menyediakan posyandu dan pemeriksaan kesehatan lansia, lomba seni anak-anak di ruang kompetisi, Mola clean up yang berfokus pada aksi bersih-bersih lingkungan, serta ruang ilustrasi dengan pembuatan tembokpedia berisi ilustrasi pesan positif.

"Ada juga ruang ekspansi yang mengajarkan pengolahan nugget ikan, donasi buku bacaan, dan ruang vakansi yang mengadakan jelajah budaya serta kunjungan ke UMKM. Semua program ini terlaksana dengan baik dan mendapat sambutan positif dari masyarakat setempat," tambahnya.

Baca Juga: Lewat Study Tour, Komunitas Kawan Inspirasi Perkenalkan Profesi Pemadam Kebakaran Pada Siswa SD

Shelvi berharap kegiatan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi anak-anak untuk memahami pentingnya cita-cita dan pendidikan sejak dini untuk mempersiapkan masa depan dengan lebih baik, kegiatan ini dapat menjadi langkah awal dalam membangun generasi yang berdaya saing.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia dan Kesra Kabupaten Wakatobi, H. Yunus mengatakan bahwa pihaknya sangat antusias dan menyambut dengan positif kehadiran para relawan Kawan Inspirasi Kendari.

“Kami begitu gembira dan berterima kasih kepada Kawan Inspirasi Kendari atas pengabdian dan dedikasinya terlebih masukannya selama melaksanakan kegiatan di Wakatobi. Banyak Hal inovatif dan kreatif yang telah kami dapatkan dari kegiatan ini," pungkasnya. (C)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS