Revitalisasi Kawasan Wisata Pantai Kamali di Baubau Segera Dimulai

Elfinasari, telisik indonesia
Rabu, 23 Oktober 2024
0 dilihat
Revitalisasi Kawasan Wisata Pantai Kamali di Baubau Segera Dimulai
Kawasan Wisata Pantai Kamali saat di rehab. Foto: Elfinasari/Telisik

" Kawasan Wisata Pantai Kamali akan segera direvitalisasi, mencakup penataan area kolam, kawasan patung naga, serta pengembangan area UMKM dan pujasera "

BAUBAU, TELISIK.ID – Kawasan Wisata Pantai Kamali akan segera direvitalisasi, mencakup penataan area kolam, kawasan patung naga, serta pengembangan area UMKM dan pujasera.

Rencana ini juga termasuk pembangunan pintu gerbang baru untuk mempercantik kawasan tersebut. Proyek ini didanai oleh APBD Kota Baubau dengan anggaran sekitar Rp 1,1 miliar.

Kepala Dinas PUPR Kota Baubau, Abdul Karim, menyatakan bahwa revitalisasi ini dimulai pada 4 September 2024 dan ditargetkan selesai pada 30 Desember 2024.

Baca Juga: Pembangunan Kantor UPTB Samsat Muna Dikebut

"Kami menargetkan seluruh penataan akan rampung pada Desember," ujar Abdul Karim, Rabu (23/10/2024).

Setelah revitalisasi selesai, kawasan Pantai Kamali diharapkan kembali hidup dengan berbagai aktivitas, termasuk pasar malam yang akan berlangsung setiap malam.

Pengaturan tempat berjualan untuk UMKM akan dikelola oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

Salah satu pedagang di Pantai Kamali, Kifli, menyatakan harapannya agar para pedagang dapat kembali berjualan di kawasan tersebut setelah proyek selesai.

"Saat ini kami terpaksa berjualan di pinggir jalan sekitar pantai, tetapi kami setuju dengan penataan ini dan berharap bisa kembali berjualan di Pantai Kamali," ungkapnya.

Meski sempat terjadi kontroversi terkait proyek revitalisasi ini, komunikasi antara perwakilan pedagang dan pihak PUPR telah berjalan baik.

Baca Juga: Generasi Z di Wakatobi Asah Kemampuan Kritis, Siap Jadi Pemilih Cerdas

Seorang warga Baubau, Harni, turut menyambut positif penataan kawasan Pantai Kamali.

"Revitalisasi ini sangat bagus karena kawasan ini sudah terlihat sedikit kuno. Saya juga berharap setelah perbaikan, Pantai Kamali bisa lebih tertata rapi dan menarik," ujar Harni.

Ia juga menambahkan bahwa patung naga di kawasan tersebut sudah dicat ulang, menambah daya tarik estetika Pantai Kamali. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga