Kominfo Konawe Salurkan Bantuan Internet Gratis di 84 Titik

Sigit Purnomo

Reporter

Senin, 30 September 2024  /  10:02 am

Diskominfo Konawe membangun infrastruktur internet gratis di 84 titik se-Kabupaten Konawe. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

KONAWE, TELISIK.ID – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Konawe, menyalurkan bantuan infrastruktur layanan akses internet gratis di 84 titik yang tersebar di wilayah Kabupaten Konawe.

Program ini merupakan hasil kerja sama antara Kominfo Konawe dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (BAKTI Kominfo RI).

Bantuan akses internet ini mencakup berbagai fasilitas publik di daerah-daerah yang sebelumnya sulit mendapatkan jaringan internet. Titik-titik yang mendapat bantuan meliputi sejumlah Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), Puskesmas, serta kantor desa. Program ini bertujuan untuk mengurangi kesenjangan digital di wilayah yang belum terjangkau oleh internet.

Kadis Kominfo, Muh. Akib Ras, menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mendukung transformasi digital nasional, yang juga bertujuan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat.

"Penyediaan akses internet di fasilitas publik seperti sekolah, puskesmas, dan kantor desa, diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi serta meningkatkan kualitas layanan publik," ujarnya kepada telisik.id, Senin (30/9/2024).

Baca Juga: Pemkab Kolaka Utara Bakal Alokasikan Anggaran Signifikan untuk Pembangunan Infrastruktur Strategis Tahun 2025

Ia menambahkan, program ini juga merupakan komitmen Pemkab Konawe dalam menyukseskan percepatan pembangunan digital di daerah-daerah blank spot.

"Dengan adanya bantuan akses internet ini, masyarakat di wilayah yang jauh dari pusat kota bisa mendapatkan kemudahan dalam mengakses berbagai layanan, termasuk di bidang pendidikan, kesehatan, dan kependudukan," tambahnya.

Diketahui, Dinas Kominfo Konawe sebelumnya mengusulkan 120 titik, namun alokasi bantuan yang disetujui sebanyak 84 titik. Setelah proses verifikasi dan validasi terhadap kondisi lokasi, lima titik dinyatakan tidak memenuhi standar yang ditetapkan oleh Kementerian dan dianulir.

"Kami berharap bantuan ini akan meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mempercepat pemerataan akses internet di seluruh Kabupaten Konawe," ungkap Akib Ras.

Lebih lanjut, Kadis Kominfo menjelaskan bahwa bantuan ini juga nantinya akan bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk kelanjutan program di masa depan.

"Penyediaan infrastruktur internet gratis ini sesuai dengan instruksi presiden untuk mempercepat transformasi digital di seluruh Indonesia, termasuk daerah-daerah yang sebelumnya terisolasi," katanya.

Baca Juga: Dinas PUPR Kota Kendari Bakal Perbaiki Infrastruktur Jalan Lingkungan

Di sisi lain, Kepala Desa Uelawu, Nurdin, mengucapkan terima kasih atas bantuan fasilitas internet yang diterima oleh masyarakat dan pelajar di desa mereka.

"Kebutuhan akan akses internet kini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Kami sangat berterima kasih kepada Kominfo Konawe yang telah memberikan bantuan ini, yang akan sangat membantu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa kami," ujarnya.

Program bantuan internet gratis ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Konawe, terutama dalam meningkatkan akses informasi dan mendukung perkembangan ekonomi digital di daerah. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS