Mengenal Lebih Dekat Raditman dan Sasti Putra Putri Duta Wisata Wakatobi 2022

Boy Candra Ferniawan

Reporter Wakatobi

Minggu, 12 Juni 2022  /  9:04 pm

Raditman Ansyar La Dae dan Sasti Putri Tarani, Putra Putri Duta Wisata Kabupaten Wakatobi 2022. Foto: Boy Candra Ferniawan/Telisik

WAKATOBI, TELISIK.ID - Raditman Ansyar La Dae dan Sasti Putri Tarani dinobatkan menjadi Putra Putri Duta Wisata Kabupaten Wakatobi 2022.

Penobatan dilakukan dalam ajang Grand Final Pemilihan Duta Wisata yang digelar di Gedung Pesangrahan Taman Budaya, Kecamatan Wangi- Wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dari 14 finalis Duta Wisata yang lolos, hingga babak grand final, keduanya memperoleh nilai tertinggi dari akumulasi penilaian para dewan juri.

Diketahui Raditman lahir di Kaledupa 13 September 2003, merupakan anak pertama dari empat bersaudara dari Ayah La Dae dan Ibu Gusmiati. Dirinya merupakan seorang mahasiswa aktif jurusan Psikologi Universitas Halu Oleo.

Diceritakannya, awal mula  dirinya tertarik menjadi duta wisata bermula dari motivasinya ingin mengharumkan tanah kelahirannya Wakatobi.

Sejak di bangku sekolah SMA dirinya kerap kali mengikuti kegiatan lomba serupa. seperti pemilihan Duta Pemuda Kota Baubau, Duta Pariwisata Kota Baubau, Duta Statistik Kota Baubau dan lain sebagainya.

Hingga beberapa bulan lalu bak gayung bersambut dirinya dihubungi oleh pihak Kecamatan untuk ikut ajang tersebut. Berkat kerja keras, motivasi yang kuat, serta  

berbekal pengalamannya tersebut akhirnya dirinya mulai mendaftar untuk menjadi Duta Wisata Wakatobi 2022.

Baca Juga: Mengenal Sosok Heryanto, Penggagas Program Nasional Satu Desa Satu Perawat

Sejak saat itu Radit mulai memperdalam ilmu, memperbanyak wawasan untuk mengikuti ajang  tersebut di Wakatobi berbekal pengalaman di Baubau tadi

"Motivasi saya, pertama ingin mengembangkan potensi saya sekaligus menjadi pemuda Wakatobi yang mengimplementasikan rasa cinta akan Kabupatennya. Hal ini menjadi pembakar semangat bahwa kemanapun kita pergi ada yang harus dibaktikan yaitu kampung halaman sendiri' ungkap Raditman Putra Duta Wisata Wakatobi 2022, Minggu (12/6/2022).

Pemuda yang memiliki moto eksekusi cepat, belajar terus, dan perkuat relasi. Dicerminkannya dalam visinya menjadi Putra Duta Wisata yaitu share, empowering people, dan colaboration.

Pertama Share dalam arti membagikan, menyebarluaskan informasi terkait kepariwisataan Wakatobi, kedua empowering people dalam hal ini memberdayakan pemuda baik softskil maupun hardskill di bidang pariwisata dengan bekerja sama dengan pihak terkait, ketiga collaboration yaitu berkolaborasi dengan lintas sektor untuk menciptakan iklim yang baik bagi kegiatan dan visinya

"Tiga hal diatas  akan teraktualisasi melalui sebuah komunitas yang saya bentuk dengan nama poassa (cek ig: @poassa.id). Sehingga mampu menciptakan pemuda yang unggul dan mampu mempromosikan daerahnya. Karena kita tidak bisa menjadi pemain tunggal kita harus berkolaborasi," harapnya

Selain didaulat menjadi Putra Duta Wisata 2002 diketahui dirinya memiliki segudang prestasi di antaranya: juara 3 lomba debat bahasa indonesia tingkat Kota Baubau, juara 2 lomba debat bahasa Indonesia tingkat Sultra, finalis lomba debat bahasa Indonesia tingkat nasional (perwakilan Sultra), 10 besar duta pemuda Kota Baubau, siswa teladan SMA Negeri 2 Baubau, Ketua Osis SMA Negeri 2 Baubau 2019-2020, Wakil Ketua Forum Anak Kota Baubau 2020-2022, Peserta Jambore Nasional Pramuka Penggalang Ke-10 di Cibubur Jakarta.

Berbeda halnya dengan Putri Duta Wisata Wakatobi 2022, Sasti Putri Tarani atau yang akrab disapa Sasti. Lahir di Tomia 9 Mei 2002, merupakan anak dari  ayah La Ode Dayan Tarani dan ibu Diana.

Sasti yang merupakan anak pertama dari 2 bersaudara ini mengungkapkan bahwa mengikuti ajang pageant merupakan cita- citanya sejak kecil.

"Awalnya saya memang tertarik dengan ajang yang berkaitan dengan pageant sejak SD, salah satunya Putri pariwisata dan menjadi mimpi saya dulu,'' tutur Sasti Putri Duta Wisata Wakatobi Tahun 2022

Berangkat dari mimpi tersebut dirinya yang merupakan mahasiswa aktif Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Bosowa Makassar mulai mempersiapkan hal-hal apa saja yang menjadi syarat menjadi Putri Duta wisata, seperti  menguasai bahasa inggris.

Dilatihnya mulai dengan memandu wisatawan asing agar dapat melatih diri dalam berkomunikasi.

Hingga tahun 2020, dirinya mencoba untuk pertama kali memberanikan diri mendaftar pemilihan Duta Wisata, Namun karena ada beberapa kendala akhirnya dibatalkan oleh pihak yang bersangkutan, kemudian dibuka lagi tahun 2022 ini.

"Saya semangat untuk kembali ikut, ada rasa kurang percaya diri dengan lawan yang berat. tetapi saya  tetap optimis, pada akhirnya saya tidak menyangka menjadi pemenang ajang ini, Alhamdulillah, my dream is come true," tambahnya

Baca Juga: Mengenal Muhad Yakin dan Ihram, Atlet Dayung Bersaudara Asal Wakatobi Sabet Segudang Prestasi

Memiliki semangat dan mimpi besar, Sasti  berharap dengan dinobatkannya menjadi Putri Duta Wisata Wakatobi 2022 dapat memberikan inspirasi kepada para pemuda dalam hal membangkitkan pariwisata Wakatobi.

"Tetap tenang dalam situasi apa pun, berani dan percaya diri pada tujuan yang ingin capai serta menginspirasi pemuda untuk berani. Semoga saya bisa memberi manfaat positif bagi seluruh masyarakat serta menjadi garda terdepan hingga menjadi denyut dari kehidupan pariwisata untuk mengembangkan destinasi wisata/objek wisata di Wakatobi," tutupnya. (B)

Penulis: Boy Candra Ferniawan

Editor: Musdar