adplus-dvertising

Mahasiswa UHO Ini Berhasil Magang ke Negeri Sakura

Putri Wulandari, telisik indonesia
Minggu, 24 April 2022
6802 dilihat
Mahasiswa UHO Ini Berhasil Magang ke Negeri Sakura
Sosok Kevin Abdullah Alrasyid, mahasiswa jurusan Teknik Sipil, UHO yang berhasil magang di salah satu perusahaan Jepang. Foto: Dok Kevin Abdullah Alrasyid

" Sosok Kevin Abdullah Alrasyid, mahasiswa Fakultas Teknik, Universitas Halu Oleo, berhasil lolos program mahasiswa merdeka di negeri sakura "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Sosok Kevin Abdullah Alrasyid, mahasiswa Fakultas Teknik, Universitas Halu Oleo, berhasil lolos program mahasiswa merdeka di negeri sakura, Jepang sekaligus magang setahun di salah satu perusahaan bidang kontruksi pembangunan.

Kevin Abdullah Alrasyid ialah sosok mahasiswa yang kompeten, selama menempuh Sekolah Menengah Atas (SMA), ia banyak berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan yang mewakili sekolah, ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Osis (Waketos) di salah satu SMA negeri yang berada di Kota Raha Kabupaten Muna.

Maka tak heran, saat ini dengan mudah ia berhasil lolos program mahasiswa merdeka sebagai salah satu perwakilan mahasiswa Teknik Sipil angkatan Tahun 2018, Universitas Halu Oleo (UHO).


Kevin Abdullah menuturkan, ia awalnya mengikuti program mahasiswa merdeka ini dengan melakukan tes wawancara sebagaimana biasanya, tidak diduga bahwa ia berhasil lulus dalam seleksi tersebut.

"Alhamdulillah di Jepang, ikut program mahasiswa magang di perusahaan sekaligus kuliah praktek," tuturnya pada Telisik.id, Minggu (24/4/2022).

Baca Juga: Siapa Ade Armando yang Dikeroyok Massa Demo 11 April? Simak Profil Lengkapnya

Mantan Waketos itu juga mengungkapkan, masa magangnya di perusahaan Jepang bergerak dalam bidang pembangunan kontruksi selama 1 tahun atau hingga 2023 mendatang.

Ia juga bercerita, awalnya sesampai di Jepang, ia dikarantina terlebih dulu, kemudian ditempatkan di salah satu apartemen yang telah disediakan oleh pihak perusahaan, jelang beberapa hari kemudian mereka telah melakukan kegiatan berupa pembangunan jembatan serta jalan.

"Perusahaan tempat magangku bergerak di bidang kontruksi jembatan dan jalan, yang lagi dikerja sekarang itu perbaikan fasilitas di terowongan, donderu, semacam besi tempat berpegangan" ucapnya.

Lanjutnya, keunikan terhadap banyaknya terowongan yang ada di Jepang, disebabkan karena banyaknya aktivitas pembelahan gunung, sehingga terowongan ini dibangun sedemikian rupa.

Baca Juga: Mengenal Siti Mardati Saing, Wanita yang Memimpin Perum Bulog Sultra

Kemudian ia juga menuturkan, suka citanya saat di Jepang ialah kendala pada bahasanya serta tulisan kanji, namun banyak hal baru yang ia temui selama berada di negeri sakura itu, yakni kebiasaan warga dalam memilah sampah, budaya sopan santun, dan etos kerja yang sangat tinggi.

"Karena masih awal, bahasa Jepang kan bukan bahasa Ibu, jadi susah begitu, masih harus banyak belajar, terus orang Jepang itu ramah, namun agak tertutup," tutupnya. (C)

Reporter: Putri Wulandari

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga