Pedagang Pasar Baru Kendari Mengeluh Sepi, Minta Pemkot Tindak Tegas Pasar Ilegal

Erni Yanti

Reporter

Minggu, 15 September 2024  /  9:40 pm

Sejumlah lapak pedagang di depan Pasar Baru Kota Kendari ditertibkan Satpol PP Kota Kendari. Foto: Erni Yanti/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - Para pedagang di bagian depan Pasar Baru Kota Kendari mengalami kesulitan setelah lapak mereka digusur dan dipindahkan kembali ke dalam pasar pada Minggu (15/9/2024).

Keputusan ini membuat sejumlah pedagang resah karena sebelumnya mereka berjualan di luar dan merasa hasil penjualan mereka menurun drastis setelah dipindahkan.

Nanring (62), salah seorang pedagang, mengungkapkan kekhawatirannya. Menurutnya, berjualan di luar pasar memungkinkan mereka untuk mendapatkan pembeli lebih banyak.

“Ketika kami dipindahkan ke dalam pasar, pendapatan kami menurun karena pembeli tidak sebanyak di luar. Berjualan di depan pasar memungkinkan kami menghasilkan ratusan ribu dalam beberapa jam,” ujar Nanring.

Baca Juga: Jelang Penetapan Calon Wali Kota, KPU Kota Kendari Rekrut 3.750 KPPS

Dia menjelaskan bahwa Pasar Baru kini sepi pembeli, yang menyebabkan beberapa pedagang memutuskan untuk mencari pasar alternatif.

“Sebenarnya, masalahnya adalah kurangnya pembeli. Pedagang mencari pembeli yang tidak ada, sehingga banyak yang akhirnya pulang tanpa hasil,” tambah Nanring.

Misar Wati (37), pedagang lainnya, menambahkan bahwa Pasar Baru pernah berada di masa kejayaannya sekitar tahun 2018. Namun, seiring berjalannya waktu, pasar tersebut semakin sepi.

“Kami berharap pemerintah dapat mengambil tindakan tegas terhadap pasar-pasar ilegal dan pedagang yang berjualan di jalanan. Kami merasa sangat tertekan dengan kondisi saat ini,” kata Misar.

Misar juga menyebutkan bahwa pasar-pasar ilegal, seperti yang ada dekat The Park, seharusnya tidak dibiarkan berdiri.

“Pedagang yang ada di pasar ilegal seharusnya berjualan di pasar tradisional seperti Pasar Baru. Kami membutuhkan ketegasan dari pemerintah untuk menertibkan kondisi ini,” ungkapnya.

Baca Juga: Penghuni Perumahan Bumi Arum Kendari Mogok Bayar Cicilan, Tuntut Penyelesaian Sengketa Tanah

Pihak pedagang telah menyampaikan kepada Pemerintah Kota Kendari bahwa jika situasi sepi ini berlanjut setelah mereka dipindahkan kembali ke dalam pasar, mereka mungkin akan kembali berjualan di depan Pasar Baru.

Sementara itu, Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Kota Kendari, Hasman Dani, menjelaskan bahwa pihaknya hanya menjalankan tugas untuk menertibkan lapak dagangan pedagang.

“Kami hanya menertibkan sekitar tiga puluh pedagang yang ada dalam satu bangunan,” kata Hasman.

Pemerintah Kota Kendari diharapkan dapat segera mengambil langkah konkret untuk mengatasi masalah ini dan memastikan bahwa kondisi pasar kembali kondusif bagi pedagang dan pembeli. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS