Persiapan HPN 2022 Terus Berjalan, Pemprov dan PWI Optimis Sultra Sukses Sebagai Tuan Rumah

Siswanto Azis, telisik indonesia
Kamis, 12 Agustus 2021
0 dilihat
Persiapan HPN 2022 Terus Berjalan, Pemprov dan PWI Optimis Sultra Sukses Sebagai Tuan Rumah
Atal S Depari (tengah), Sekjen PWI Pusat, Mirza Zulhadi (paling kiri) dan Ketua Panitia HPN Pusat, Auri Jaya (kanan). Foto: Repro Tribunnews.com

" Rapat koordinasi itu membahas kesiapan Pemprov Sultra sebagai tuan rumah, termasuk penyampaian progres panitia pusat untuk menyukseskan agenda tahunan wartawan seluruh Indonesia ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal tersebut dilakukan bersama Pemprov Sultra secara virtual, Kamis (12/8/2021) sore.

Rapat koordinasi itu membahas kesiapan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra sebagai tuan rumah, termasuk penyampaian progres panitia pusat untuk menyukseskan agenda tahunan wartawan seluruh Indonesia ini.

Hadir secara virtual, Ketua PWI Pusat Atal S. Depari bersama Sekjen Mirza Zulhadi dan jajarannya, serta Ketua Panitia Pusat, Auri Jaya.

 

Sementara dari Kendari sebagai panitia lokal, hadir Sekprov Nur Endang Abbas yang juga ketua panitia, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Asrun Lio sebagai sekretaris bersama Kadis Kominfo, M. Ridwan Badallah, Ketua PWI Sultra Sarjono, Ketua SMSI Gugus Suryaman, dan beberapa pengurus PWI lainnya.

Ketua PWI Pusat, Atal S Depari, memastikan Sultra sebagai tuan rumah perayaan HPN 2022, apapun kondisinya.

Meskipun pandemi COVID-19 nanti belum berakhir sampai puncak HPN di Februari 2022, perayaan tetap dipusatkan di Kendari. Hanya bentuknya yang akan disesuaikan.

Atal juga menyampaikan, kepanitiaan pusat sudah terbentuk. Sehingga panitia lokal juga harus segera dirampungkan. Sebab tahapan seharusnya sudah dapat berjalan.

“Sudah harus berjalan tahapan. Ada banyak kegiatan yang melibatkan publik dan institusi pemerintah. Ada seminar-seminar, bakti sosial, konvensi media, anugerah kebudayaan, lomba karya jurnalistik, dan sebagainya. Ini harus dipersiapkan sejak sekarang,” jelas Atal.

Untuk menyukseskan itu, PWI pusat juga meminta Sekda Provinsi Sultra untuk memfasilitasi dengan dinas-dinas di daerah untuk koordinasi penyelenggaraan kegiatan dalam rangka HPN tersebut.

Suasana rapat virtual persiapan penyelenggaraan HPN2022 di Sulawesi Tenggara bersama Pemprov Sultra, Kamis (12/8/2021). Foto: Ist.

 

Sekprov Sultra, Nur Endang Abbas menyatakan, kesiapan menyukseskan HPN di Kendari. Apalagi, Gubernur Ali Mazi sangat antusias menyambut kegiatan skala nasional ini. Meski nanti penyelenggaraan ketat dengan protokol kesehatan, seperti wajib PCR dan vaksin.

“Kami sudah sering menjadi tuan rumah kegiatan nasional, insyaallah dengan pengalaman itu kita bisa menyukseskan penyelenggaraan HPN di Sultra,” ucap Nur Endang.

Optimisme suksesnya penyelenggaraan HPN di Sultra disampaikan Ketua Panitia Pusat, Auri Jaya. Dia mengaku, lega karena tuan rumah sangat antusias menyambut agenda besar ini.

“Saya optimis dengan perjalanan HPN meskipun dalam situasi pandemi, karena tuan rumah sangat bersemangat. Selanjutnya kita sudah harus segera susun rencana kegiatan,” kata Auri yang telah tiga tahun dipercaya menjadi ketua panitia pusat perayaan HPN.

Peserta rapat sepakat, panitia pusat dan lokal sudah saatnya gas full. Dimulai dengan koordinasi tim dalam rangka pelaksanaan tahapan HPN.

Gubernur Ali Mazi (kiri) saat menerima SK penunjukan HPN 2021 dari Ketua PWI Pusat Atal S Depari (kanan), pada acara gala dinner di Kota Banjarmasin. Foto: Repro Antara

 

Penunjukan Sultra menjadi tuan rumah HPN sudah direncanakan pada tahun sebelumnya. Bahkan pada HPN 2021, Sultra sudah ditunjuk menjadi tuan rumah, namun karena situasi pandemi COVID-19 akhirnya membuat PWI Pusat mengambil keputusan untuk membatalkan dan mengalihkannya ke Jakarta, walau harus diselenggarakan secara sederhana. Keputusan tersebut tentu saja sudah dikonsultasikan kepada Pemerintah Provinsi Sultra.

Baca Juga: Kasus Sembuh COVID-19 Terus Meningkat, Kendari Mulai Menghijau

Olehnya itu, peringatan HPN 2021 dipusatkan di Candi Bentar Hall, Ancol, Jakarta dan diikuti oleh berbagai daerah secara virtual. HPN ke-75 tersebut mengusung tema Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi dengan Pers sebagai Akselerator Perubahan.

Baca Juga: Dispora Lepas Kontingen PPLP Sultra untuk Ikuti Try Out di Makassar

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berkesempatan mengikuti HPN 2021, juga secara virtual dari Istana Negara Jakarta. Sejumlah tokoh tampak mendampingi Presiden Joko Widodo, antara lain: Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR-RI Puan Maharani, Ketua DPD-RI La Nyalla Mattalitti, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh, hingga Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Atal Sembiring Depari. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga