Pemda Konawe Bakal Terapkan Sistem Tranportasi Cerdas

Sigit Purnomo

Reporter

Senin, 10 Juni 2024  /  1:14 pm

Pemda Konawe siap menerapkan sistem transportasi cerdas guna mendukung layanan transportasi di Kabupaten Konawe. Foto: Ist.

KONAWE, TELISIK.ID – Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba, siap menerapkan pemanfaatan teknologi melalui sistem transportasi cerdas di Kabupaten Konawe.

Dalam pembukaan The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pasific Forum di Jakarta Convention Center (JCC), forum yang mengusung tema “Transformasi Menuju Mobilitas Urban yang Berkelanjutan dan Cerdas” ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin.

Ma’ruf Amin menekankan pentingnya pemerataan dan peningkatan akses terhadap sistem transportasi yang aman, terjangkau, dan ramah lingkungan.

Menurutnya, hal tersebut dapat dicapai melalui pemanfaatan teknologi, salah satunya melalui sistem transportasi cerdas.

"Sistem transportasi cerdas ini diharapkan tidak hanya menjadi jawaban atas meningkatnya mobilitas masyarakat perkotaan, tetapi juga mampu mengurangi kemacetan, emisi gas rumah kaca, dan pemakaian energi, serta meningkatkan keselamatan,” ujarnya, Sabtu (1/6/2024).

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Tegaskan Pengelolaan Dana Desa Harus Sesuai Regulasi

Ma’ruf Amin juga menyampaikan bahwa pemerintah telah berupaya dalam mendukung pengembangan inovasi teknologi sistem transportasi cerdas, seperti melalui penetapan kebijakan standar mobil listrik, program insentif kendaran listrik, dan program pendorong transisi lainnya.

Sementara itu, Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba, menyatakan kesiapannya untuk menerapkan sistem transportasi cerdas di Konawe.

Baca Juga: Pemprov Sulawesi Tenggara Bersama Pemda Konawe Gelar Gerakan Pangan Murah

"Kita akan mencoba membangun sistem walaupun mungkin secara bertahap, paling tidak di manajemen lalu lintas. Kita sedang menerapkan manajemen traffic sistem yang cukup baik dan ini bisa terus ditingkatkan dengan menggunakan intelligent transportation system," ujar Harmin Ramba.

Harmin Ramba berharap forum ITS Asia Pasifik ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kerja sama regional dalam menghadapi tantangan dan peluang di bidang transportasi.

Forum ITS Asia Pasific 2024 dihadiri oleh berbagai menteri dan pejabat tinggi dari negara-negara Asia Pasifik, serta para pakar dan pelaku industri transportasi. Forum ini diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi konkrit bagi kemajuan sistem transportasi cerdas di kawasan Asia Pasifik. (C-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS